PPP Dan PDI Dianjurkan Perbaiki Tanda Gambar

PPP Dan PDI Dianjurkan Perbaiki Tanda Gambar

Jakarta, 14 Juni 1976 – Menteri Dalam Negeri Amir Machmud selaku Ketua Lembaga Pemilihan Umum (LPU) menyatakan bahwa kepada kedua partai yaitu Partai Demokrasi Indonesia dan Partai Persatuan Pembangunan telah dianjurkan untuk mengadakan perbaikan atas tanda gambar yang diajukan kepada LPU beberapa waktu yang lalu.

Menjawab pertanyaan pers hari Sabtu di Yogayakarta Amir Machmud lebih jauh mengatakan bahwa dari PDI, staf-nya telah menerima alternatif tanda gambar lain di luar “Perisai Pancasila” yang diajukan sebelumnya “Kini sedang dibahas oleh tim peneliti”, kata Menteri.

Sedang dari PPP untuk pengganti gambar “Ka’bah” sampai saat ini LPU belum menerima alternatif yang lain “Tetapi saya tahu dan yakin bahwa mereka sudah punya alternatif”, demikian Amir Machmud.

Ditegaskan bahwa akhir bulan Juni ini menurut rencana akan dilakukan penentuan serta undian urutan tanda gambar dua parpol dan Golkar yang ikuti dalam Pemilihan Umum tahun 1977.

Bantuan
Menjawab pertanyaan tentang keluhan sementara partai tentang biaya Pemilihan Umum, Amir Machmud menyatakan bahwa pemerintah menyadari akan hal tersebut.

Dikatakan bahwa sebenarnya tidak mempunyai biaya adalah hal yang relatif karena menurut Amir Machmud masing-masing partai mempunyai “jago-jago”.

“Tetapi insya alloh akan dibantu”, katanya mengakhiri keterangannya, dimana dijelaskan bahwa bantuan kepada partai tersebut adalah di luar biaya Rp.60 miliar anggaran untuk Pemilihan Umum tahun 1977. (SH)