PP PCI Gulirkan Liga Cricket Indonesia

Ketika olahraga cricket memasuki era baru di 2018. (Dok/SHNet)

PP PCI Gulirkan Liga Cricket Indonesia

SHNet, JAKARTA – Cabang olahraga Cricket Indonesia memasuki era baru. Pada 2018 ini, Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) akan meluncurkan Liga Cricket Indonesia  (ICL) T20 sebagai Liga professional pertama di Indonesia.

Gebrakan memajukan Cricket melalui ICL ini dilakukan PP PCI bekerjasama dengan Jakarta Cricket Association (JCA). Liga cricket profesional pertama dengan nama ICL T20  akan dimainkan di Jakarta pada Juli hingga September 2018.

“Rencananya ICL akan di pertandingkan di Lapangan Buperta Cibubur dan di Lapangan sekolah Gandhi GMIS di Kemayoran, Jakarta Pusat dengan format T20 antar klub yang mana setiap klubnya merupakan gabungan pemain Indonesia dan expatriat,” kata Ketua Umum PP PCI Aziz Syamsuddin di Jakarta, Senin (4/6).

Di liga perdana ICL tercatat delapan klub yang sudah menyatakan komitmennya. Yakni, Texmoda, Yadavas, Go Cricket, Dhiraj, Jaguar, DSK, Menara, dan Senayan.

“Liga ICL tahun ini akan dimainkan oleh 8 tim terbaik dan akan menjadi contoh dan semangat pendorong untuk memajukan Cricket di Indonesia. Saat ini, kita sedang mem-branding ICL untuk menjadi bagian dari industri olahraga Indonesia dan memajukan pariwisata. Keberadaan ICL akan menarik minat wisatawan pencinta cricket untuk turut berpartisipasi di Indonesia” ujar Wakil Ketua Umum PP PCI KRT. Abhiram S. Yadav.

Sebagai info, ajang ICL juga akan merupakan ajang untuk seleknas pemain Timnas yang akan berlaga di Qualifikasi Piala Dunia Putra di Philipine December mendatang.

Selain ICL yang menjadi Liga Nasional, PP PCI juga menginstruksikan Pengprov PCI menggelar ICL yang sudah dimulai di beberapa provinsi. Contohnya, Pengprov PCI Bali dengan ICL Bali Division.

Tujuannya, sebagai kawah candra dimuka dalam melahirkan atlet cricket berkualitas yang akan terjun di liga profesional.

“Keberadaan ICL di Provinsi-provinsi sangat penting dalam memproduksi pemain berkualitas sebelum tampil di kancah profesional,” tandasnya.

Perkembangan Cricket di Indonesia telah mendapat perhatian dan aprisiasi dari Dewan Cricket Internasional (ICC) yang bulan lalu mengadakan pertemuan regional di Jakarta.  (Nonnie Rering)