Perutusan Timor Timur Di Hankam

Perutusan Timor Timur Di Hankam

Jakarta, 9 Juni 1976 – Menhankam/Pangab Jenderal M. Panggabean didampingi Wapangab Jenderal Surono, Kaskopkamtib Lasksamana Sudomo serta Kepala Staf Angkatan dan Polri, hari Selasa siang di ruang kerjanya telah menerima kunjungan Delegasi Rakyat Timor Timur di Departemen Hankam.

Pada kesempatan tersebut Menhankam/Pangab dalam sambutannya katakan bahwa kunjungan wakil rakyat Timor Timur yang dipimpin oleh Ketua/Gubernur PSTT Arnaldo Dos Reis De Araujo merupakan peristiwa yang bersejarah karena membuka lembaran hubungan baru dengan bangsa Indonesia yang ditandai dengan rasa ikatan kekeluargaan yang mendalam serta rasa senasib dan sepenanggungan dalam suasana dalam suasana yang bebas merdeka guna melaksanakan hak menentukan nasib sendiri.

Simpati
Dikatakan bahwa bangsa Indonesia senantiasa menaruh simpati yang besar terhadap perjuangan rakyat Timor Timur yang telah berhasil melepaskan diri dari penjajahan bangsa Portugis dan ancaman dari suatu kekuatan totaliter dan yang dewasa ini ingin menentukan masa depannya sendiri, mengadakan integrasi dengan bangsa Indonesia.

“Kami turut merasa gembira” kata Panggabean selanjutnya, bahwa kini keamanan umum bertambah mantap dan pemerintah berjalan semakin lancar. Sekarang menjadilah tugas daripada pemerintah dan seluruh rakyat Timor Timur untuk memelihara dan memantapkan stabilitas keamanan melaksanakan pembangunan dan menciptakan kesejahkteraan bagi seluruh penduduk.

Dikatakan bahwa segala pengorbanan dan percobaan yang telah dialami oleh rakyat Timor Timur di masa lampau telah mempertebal tekad dan semangat perjuangan dan segenap ancaman, hambatan dan gangguan yang dihadapi sekarang dan di masa yang akan datang akan dapat diatasi dengan selamat dan berhsil sehingga dapat dicapai dan harapan yang telah ditentukan oleh rakyat itu sendiri.

Perjuangan belum selesai
Sementara itu Kepala Eksekutif PSTT Arnaldo Dos Reis Araujo mengatakan bahwa perjuangan rakyat Timor Timur masih belum selesai. Ada lagi perjuangan rakyat Timor Timur yang lebih besar yaitu pembangunan, untuk itu Arnaldo mengatas namai rakyat Timor Timur masih meminta bantuan kepada rakyat Indonesia untuk membnatunya.

Diharapkan pula sebelumnya oleh Arnaldo kepada Menhankam/Pangab Jenderal M. Panggabean bahwa wakil rakyat Timor Timur yang kini berada di Jakarta dalam menyampaikan petisi rakyat Timor Timur untuk mengintegrasikan diri kepada Indonesia berharap dapat dilaksanakan dengan secepat-cepatnya.

Upacara yang berlangsung sangat akrab itu diakhiri dengan jamuan makan bersama di aula Hankam. Sebelumnya Menhankam/PAngab Jenderal m. Panggabean telah memperkenalkan pejabat teras Hankam kepada delegasi rakyat Timor Timur. Demikian pula oleh Arnaldo telah diperkenalkan kepada Menhankam/Pangab rombongan yang dipimpinnya. (SH)