Pengelolaan Wisata NTT Akan Diserahkan Ke Pihak Ketiga

Pengelolaan Wisata NTT Akan Diserahkan Ke Pihak Ketiga

 

SHNet, KUPANG-Zet Libing dari Bappeda Nusa Tenggara Timur (NTT) mengemukakan pengelolaan destinasi wisata di daerah itu akan diserahkan ke pihak ketiga.

“Pengelolaan destinasi wisata di NTT yang selama ini dilakukan dinas pariwisata, akan diserahkan ke pihak ketiga,” katanya dalam ‘Dialog antar Pemerintah dan Swasata tentang Upaya Pengembangan Periwisata di NTT yang digelar di Kupang, Rabu (6/6/2018).

Menurut Zet, tidak lagi birokrasi yang mengelola destinasi pariwisata di NTT. Gubernur NTT Frans Lebu Raya juga sudah menyetujui pengeleloaan pariwisata ditangani pihak ketiga.

Pengelolaan pariwisata selama ini tidak berkembang. Bahkan, Bappeda telah meminta pihak ketiga untuk melakukan kajian dampak ekonomi terkait sejumlah even pariwisata yang digelar dinas periwisata.

Dia menyebutkan, even Tour de Flores menghabiskan anggaran antara Rp 6-7 miliar, dan festival tenun ikat di Sumba menelan anggaran Rp1,5 miliar.

Anggaran sebesar itu sebaiknya dimanfaatkan untuk menadata obyek-obyek wisata di NTT, termasuk membangun jalan menuju lokasi tersebut.

Dikatakan, banyak obyek wisata di NTT minim fasilitas pendukung, termasuk wifi, dan tidak dipromosikan secara baik. “Karena itu ke depan pengembangan pariwisata harus berbasis masyarakat,” tegas Zet.(DA)