Penanggung Jawab Keselamatan Pribadi Presiden Dan Keluarga

Ulang Tahun "Cakrabirawa"

Penanggung Jawab Keselamatan Pribadi Presiden Dan Keluarga

Jakarta, 6 Juni 1963 – Komandan Resimen Cakrabirawa Kolonel Moch. Sabur meminta kepada setiap anggota Resimen Cakrabirawa, resimen pengawal Presiden Soekarno dan keluarga, untuk selalu memperhatikan tingkah lakunya baik didalam maupun diluar dinas, karena kesalahan sedikit yang diperbuat sudah cukup akan mengurangi penghargaan dari masyarakat.

Memberikan sambutan yang dibacakan Mayor Marokeh Santoso sebagai wakil sementara Kepala Staf Resimen Cakrabirawa dalam upacara ulang tahunnya ke-I di lapangan depan Istana Merdeka Kamis pagi selanjutnya dijelaskan bahwa akhir-akhir ini masyarakat mulai mengenal pasukan pengawal Presiden, yang berarti masyarakat selalu menilai segala aktifitasnya, baik dalam dinas maupun dalam pergaulan dengan masyarakat.

Perlu diinsyafi didalam pelaksanaan pengamanan faktor masyarakat harus diperhitungkan, bahkan lebih dari itu ialah harus diikut sertakan dan ini merupakan salah satu doktrin dari kita. Dengan adanya kepercayaan rakyat kepada anggota pengawal Presiden sudah merupakan pengamanan tersendiri, dan kepercayaan itu tidak dapat diminta, tetapi tergantung kepada amal perbuatan seluruh anggota resimen Cakrabirawa sendiri.

Jauh dari sempurna
Pada awal sambutannya dikatakan bahwa tugas yang telah dilaksanakan masih jauh dari sempurna dan hendaknya hal ini menjadi cambuk bagi setiap anggota Resimen Cakrabirawa untuk bekerja lebih giat dan tekun atas dasar kesadaran keyakinan dan keikhlasan. Hanya dengan dasar inilah segala tugas dapat kita laksanakan sesuai dengan harapan dan kepercayaan yang telah dilimpahkan kepada kita.

Tugas yang sedang dilaksanakan bersifat tri-muka: pertama “harus menyusun”, kedua “harus telah mampu melaksanakan tugas yang maha berat tetapi mulia itu” dan ketiga “harus meletakkan norma-norma yang kuat baik idiil maupun struktuiil untuk menjadi landasan pembinaan selanjutnya”.

Ulang tahun ke-I terbentuknya Resimen Cakrabirawa itu selanjutnya dimeriahkan dengan hiburan nyanyian oleh band Arulan dan band Ria Musica serta penyanyi dari anggota Resimen Cakrabirawa bertempat dihalaman belakang Istana Merdeka, dan dalam upacara tadi juga dilangsungkan peresmian terbentuknya kompi Protokol dan kompi Korps Musik. (SH)