Pemerintah Desa dan Pemuda Barejulat Kompak Bangun Pariwisata

Pemerintah Desa dan Pemuda Barejulat Kompak Bangun Pariwisata

Para pemuda dari Desa Barejulat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) membantu pemerintah desa mengembangkan pariwisata. (Ist)

SHNet, Lombok Tengah- Pariwisata di Lombok Tengah mulai menggeliat, Hal ini membuat sejumlah desa mempersiapkan diri dengan membuat spot wisata alam yang bakal memanjakan mata para wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Seperti yang dilakukan Desa Barejulat, Kecamatan Jonggat. Sejak beberapa bulan terkahir, desa ini sedang melakukan persiapan untuk menghadirkan sejumlah spot wisata alam.

Pemeritah desa dan para pemuda di Barejulat membuat beberapa spot wisata seperti wisata air berupa river tubing, wisata buah, sepeda keliling desa hingga bercidomo. Untuk spot wisata river tubing sendiri, bakal menjadi spot unggulan.

Khusus untuk river tubing, para pemuda desa telah membuat rute yang bakal dilalui oleh para wisatawan. Mulai dari Dusun Bungkawang, Lengkok Pandan, Loang Sawak, sampai Dusun Renjase.

Rute ini cukup panjang. Dari garis star memakan waktu kurang lebih dua jam dengan panjang sungai 1,7 kilometer. Dalam menikmati rute tersebut, pengunjung nantinya akan dimanjakan oleh berbagai macam suguhan dari pengelola. Mulai dari persediaan makanan ringan, pemandangan alam sekitar sungai sampai aneka spot selfie.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan tanam raya juga di pinggir sungai dengan berbagai macam tanaman buah-buahannya,” ujar Kepala Dusun Loang Sawah, Haidir Akbar.

Pengembangan kawasan wisata alam ini pun telah dikonsep dengan pengembangan wisata kerajinan warga sekitar melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai produk unggulan desa. Salah satunya produksi minyak mentah dari kelapa.

“Selain berwisata alam, pengunjung juga bisa mengunjungi berbagai jenis hasil produksi warga yang diperjual belikan di BUMDes,” sambung Ketua BUMDes Barejulat, Mahlil. (Stevani Elisabeth)