Jerman Wajib Unggul 2-0 atas Korsel Tanpa Peduli Hasil Meksiko vs Swedia

Jerman Wajib Unggul 2-0 atas Korsel Tanpa Peduli Hasil Meksiko vs Swedia

LAWAN - Latihan terakhir Die Mannschaft jelang lawan Korea Selatan di Kazan, Rabu (27/6) malam ini. (Bundesliga.com)

SHNet, JAKARTA – Menarik menantikan partai bergengsi di Grup F.  Dua partai akan dimainkan pada waktu yang sama, Rabu (27/6), pukul 21.00 WIB. Jerman vs Korea Selatan di Kazan Arena, Kazan dan Meksiko vs Swedia di Ekaterinburg Arena, Ekaterinburg.

Dua partai di Grup ini sama-sama bikin gregetan dinantikan lantaran keempat tim sama-sama masih punya peluang lolos ke babak 16 besar. Kemenangan dramatis Jerman atas Swedia 2-1, membuat peta berubah total. Swedia dan Meksiko yang sama-sama sudah terbuka jalannya untuk lolos sebagai juara grup, sontak kaget dengan gol kedua Jerman di saat injury time 5 menit itu.

Gol Toni Kroos membuat Grup F berubah menjadi Grup neraka. Belum satu pun tim yang memastikan lolos ke babak berikut lantaran semua tim tetap bisa lolos dari hasil pertandingan ketiga nanti. Meksiko memuncaki klasemen dengan 6 poin, diikuti Jerman dan Meksiko dengan 3 poin, dan Korea Selatan yang belum meraih poin sama sekali.

Joachim Loew, pelatih Jerman wajib putar otak untuk partai melawan Korsel nanti. Media Jerman lebih banyak meminta Loew tak meremehkan calon lawan mereka nanti. Pasalnya, Korsel bisa saja jadi kuda hitam untuk menggagalkan Jerman lolos ke babak 16 besar. Menang atas Korsel tentu akan membawa Jerman lolos. Tapi, tetap dengan catatan, Swedia dikalahkan Meksiko.

Kini Meksiko mencetak 3 gol dan sudah kemasukan 1 gol, sementara Jerman dan Swedia sama-sama mencetak 2 gol dan kemasukan 2 gol.

Bintang VfB Stuttgart, Mario Gomez, bintang tertua Jerman yang membela timnas Jerman sejak Piala Eropa 2008 diharapkan Joachim Loew akan menjadi penyuntik semangat bagi rekan-rekannya untuk meloloskan Jerman. (Twitter)

Jika saja Jerman imbang dengan Korsel, Die Mannschaft tentu mengoleksi 4 angka dan mereka hanya bisa lolos jika Swedia dikalahkan Meksiko. Menurut Loew, mereka memang dalam kondisi berat. Pasalnya, sejumlah pemain cedera, Jerome Boateng yang matang di lini belakang pun diganjar kartu merah sehingga harus jadi penonton.

 Padahal, Loew tak punya pilihan lain kecuali menang 2-0 atas Korsel. Kemenangan 2-0 itu akan memuluskan langkah mereka ke babak berikut tanpa bergantung hasul Meksiko vs Swedia. “Saya minta dengan hormat, anak-anak bermain dengan otak dan hati. Hanya itu yang mampu membawa mereka lolos,” ujar Loew yang mengaku timnya dalam posisi kekurangan seperti dilansir Bundesliga.com.

Kroos memberikan semangat tinggi kepada Loew dan rekan-rekannya. “Ini saatnya mengalahkan Korsel. Kami sanggup dan kami harus mengalahkan mereka setidaknya dengan dua gol tak berbalas,” ujar Kroos, pahlawan kemenangan dramatis Jerman atas Swedia.Meski kecil, Korsel teta punya peluang lolos. Ini berlaku jika mereka mampu menang dengan selisih dua gol atas Jerman, sambil berharap Swedia menelan kekalahan dari Meksiko.

Sulit, itu pasti. Berat bagi Korsel mewujudkan misi itu. Apalagi mereka juga kehilangan kapten tim, Ki Sung-yueng yang cedera betis. Pelatih Shin Tae-yong hanya bisa mengandalkan ketajaman plus kreativitas Son Heung-min. Mampukah juara dunia 2014 lolos ke babak berikut dengan mengalahkan Korsel? Kita tunggu. (Nonnie Rering)