Ini Wakil NTB di Kejuaraan KUBE Tingkat Nasional 2018

Ini Wakil NTB di Kejuaraan KUBE Tingkat Nasional 2018

KUBE Waroh di Lombok Barat, NTB yang memproduksi aneka keripik. (Dok. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat)

SHNet, Lombok Barat- Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Waroh dari Dusun Penangka, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mewakili NTB di Lomba KUBE tingkat nasional 2018.

Kepala Dinas Sosial Lombok Barat Ni Made Ambarwati mengatakan, KUBE yang memproduksi keripik ini, beberapa waktu yang lalu keluar sebagai juara I di tingkat Provinsi.

“Tahun ini, KUBE Waroh akan mewakili NTB di tingkat nasional. Semoga bisa tembus juara,” ujarnya, kemarin.

Ia menambahkan, Lombok Barat sudah beberapa kali mewakili NTB dalam ajang tingkat nasional tersebut. Seperti di tahun 2016 yang diwakili KUBE dari Desa Babussalam Kecamatan Gerung, kemudian 2017 diwakili oleh KUBE Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar. Hanya saja, kedua KUBE tersebut belum meraih juara di tingkat nasional.

Kasi Fakir Miskin, Pesisir Dan Perkotaan Dinsos Lobar, Hilwan. Menurutnya demi mempersiapkan perlombaan tingkat nasional ini pihaknya akan melakukan peningkatan empat unsur dalam KUBE.

Mulai dari aspek kelembagaan terkait kepengurusan, baik itu ketua maupun sekretaris, kemuadian pembinaan terkait pembukuan administrasi dan keuangan. Termasuk pada sisi kemitraan dengan lembaga lain untuk mempercepat perkembangan KUBE..

“Terakhir mampu memanfaatkan potensi yang ada, ketika berusaha apakah ada di daerah setempat, sehingga bisa menghidupkan masyarakat setempat,” sambungnya.

Keempat aspek itu dalam KUBe, lanjut Hilwan, sudah bagus. Hanya saja masih dirasa kalah dibandingkan denga KUBE dari daerah-daerah lain. Apalagi, penilaiannya dilakukan secara diam-diam. (Stevani Elisabeth)