Ajang PPMI 2018 Diharapkan Majukan Sektor Ekonomi Kemaritiman

Ajang PPMI 2018 Diharapkan Majukan Sektor Ekonomi Kemaritiman

PANITIA - Musyarafah Mahmud Safri Burhanuddin (Ara) selaku penasehat panitia acara PPMI 2018 berpose dengan para finalis Putra-Putri Maritim 2017 dan sejumlah pihak terkait. (Dok/SHNet)

SHNet, JAKARTA – Ajang Pemilihan Putra-Putri Maritim (PPMI) 2018 kembali digelar untuk yang ketiga kalinya. Berbeda dengan dua pemilihan sebelumnya, edisi ketiga pemilihan kali ini benar-benar mengambil konsep lebih dekat dengan laut. Hal tersebut  dijelaskan oleh Musyarafah Mahmud Safri Burhanuddin selaku penasehat panitia acara PPMI 2018.

“Jadi yang membedakan pemilihan tahun ini dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya adalah kalau yang pertama kita masih bingung dengan pola yang mau dibuat, mau bagaimana konsep Putra-Putri Maritim ini. nah setelah kita dapat masukan-masukan baru dari yang pertama dan kedua, oleh karenanya konsep yang ketiga ini kita benar-benar mendekatkan pemilihannya terkonsentrasi benar-benar dekat pada ke laut,” kata wanita yang akrab disapa Ara ini kepada media, akhir pekan lalu.

Konsep PPMI 2018 yang lebih dekat dengan laut ini dijelaskan lebih lanjut oleh Ara adalah dengan mengadaptasikan para nominasi dengan segala kegiatannya bertumpu dekat laut termasuk saat proses karantina.

“Seperti nantinya para peserta akan dikarantina di pondok dayung, lalu disana juga akan dijelaskan pada para peserta nominasi mengenai segala hal tentang kemaritiman,” lanjut Ara.

Menurut Ara, tema PPMI tahun ini juga, adalah bagaimana Kita Mengangkat Ekonomi Maritim. “Jadi nantinya sebelum grand final kan ada Diklat dulu, nah diklatnya itu ada 12 hari dan seluruh isi materinya di sana kita sudah Arahkan mengenai tema kita yaitu bagaimana kita mengangkat ekonomi maritim. Lalu untuk bahan pembelajarannya misalnya kita akan mengundang dari pembicara pembicara pada beberapa Kementerian seperti KKP, SDM, Kemenkomaritim sendiri dan Kementerian Pariwisata,” jelasnya.

Ara mengatakan, tema ini sengaja dipilih oleh panitia agar para nominasi PPMI 2018 ini kedepannya benar-benar bisa menjadi harapan yang lebih baik untuk kemaritiman Indonesia khususnya di bidang ekonomi.

Adapun mengenai pembukaan pendaftaran PPMI 2018 sendiri sudah dibuka sejak 8 Juni hingga 8 Juli 2018 mendatang, pendaftaran dapat dilakukan secara online via situs resmi PPMI di www.puteraputerimaritimindonesia.com.

Sedang untuk persyaratan yang ditentukan oleh panitia PPMI 2018 adalah, peserta merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18-26 tahun, belum pernah menikah, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, Tinggi badan minimal 165 cm untuk perempuan dan 170 cm untuk laki-laki, peserta juga diwajibkan memiliki kemampuan berenang atau salah satu cabang olahraga air.   (Nonnie Rering)