26 Ribu Lebih Warga Kota Kupang Belum Rekam e-KTP

26 Ribu Lebih Warga Kota Kupang Belum Rekam e-KTP

 

SHNet, KUPANG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat, 26 ribu lebih warga Kota Kupang dari 322.451 wajib KTP belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Sekretaris Dukcapil Kota Kupang, Hendrik Kaborang saat rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Kupang, Jumat (8/6/20018) mengatakan

“Warga yang belum melakukan perekaman ada 26 ribu lebih karena itu kami menghimbau agar yang belum melakukan perekaman segera lakukan perekaman,” kata Sekretaris Dukcapil Kota Kupang, Hendrik Kaborang saat rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Kupang, Jumat (8/6/20018).

Warga Kota Kupang yang belum memiliki e-KTP dapat mengurus surat keterangan (Suket) di Dispenduk Kota Kupang.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Kupang Danial Hurek menegaskan Dispenduk harusnya tidak perlu keluarkan himbauan tetapi langsung menggerakkan para Ketua RT dan RW untuk mengajak warga yang belum lakukan perekaman ke kantor Camat untuk melakukan perekaman.

“Anda keluarkan himbauan seperti Pendeta saja. Anda itu Pemerintah yang punya RT dan RW sebagai ujung tombak. Gerakkan mereka dan jangan cuma himbau-himbau saja,” tegas Hurek.

Wakil rakyat asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini lebih jauh mengatakan, jika persoalan ini tidak segera diatasi maka 27 Juni nanti ada puluhan ribu warga yang tidak ikut memilih saat Pilgub NTT. Dan jika tidak terselesaikan hingga tahun depan berarti banyak yang tidak ikut pemilihan legislatif (Pileg).

Jumlah penduduk Kota Kupang saat ini tercatat 435.400 orang yang tersebar di 52 kelurahan dengan penduduk wajib KTP sebanyak 322.451 orang.(DA)