Tokoh PKI Jenis Kakap

Tokoh PKI Jenis Kakap

Itu Insinyur Yang Ditangkap Di Hotel Hyatt Sanur Bali

Denpasar, 16 Mei 1973 – Pangdam XVI Udayana Brigjen Yogi Supardi, sebagai Panglima Laksus Nusra mengungkapkan di depan para wartawan bahwa insinyur di hotel Hyatt Sanur yang ditahan adalah tokoh PKI jenis kakap yang pernah dibina langsung oleh Syam atas perintah Aidit.

Ir. K.D 53 tahun seperti diberitakan “SH” menurut Panglima tahun 1953 telah disumpah menjadi anggota PKI kemudian mendapat pendidikan selama 5 tahun di Marx House Leipzig – Jerman Timur. Setelah kembali ke Indonesia meskipun bukan tokoh militer, Aidit memerintahkan agar KD langsung oleh Syam.

Ir. K.D pernah bertugas dipelbagai daerah Sumatera dan Jawa lalu masuk ke Bali Juli 1972. kegiatannya tidak melalui organisasi legal seperti tokoh G30S/PKI lainnya tetapi diduga keras merupakan otak pertikaian buruh dan majikan serta kebakaran gudang mekanik Hotel Hyatt.

Atase Rusia yang nyelonong
Panglima selanjutnya mengatakan Atase Kebudayaan Rusia yang datang ke Bali dan memberikan buku propaganda Marxis kepada beberapa instansi dengan cara yang nyelonong saja tanpa courtessy call seperti permintaan resmi yang diterima dari Jakarta. Menurut Ass I Letkol Umar Said mungkin sebagai manuver politik.

Atase tersebut datang 29 April 4 hari lewat dari tanggal yang ditetapkan lalu menemui seorang staf Gubernur dan menyerahkan 58 buku sastra kepada Pusat Kebudayaan Denpasar. Kemudian tanpa memberitahu Rektor telah memberikan juga 60 buku kedokteran kepada Unud. Buku tersebut telah disita laksus. (SH)