Satker Berkuda Asian Games Helat Seri III Kualifikasi Equestrian di Akhir Pekan...

Satker Berkuda Asian Games Helat Seri III Kualifikasi Equestrian di Akhir Pekan Ini

TAMPIL - Tim Nasional Equestrian Indonesia, siap tampil di seri ketiga Babak Kualifikasi Equestrian Asian Games 2018 di Arthayasa Stable, Cinere, Depok, mulai Kamis (10/5) pagi ini hingga Minggu (13/5) nanti. (Dok/SHNet)

SHNet, JAKARTA – Satuan Kerja (Satker) Berkuda Asian Games 2018 menggelar seri ketiga dari babak kualifikasi untuk pembentukan Tim Nasional Equestrian Indonesia, mulai Kamis (10/5) pagi ini hingga Minggu (13/5) nanti di Arthayasa Stable, Cinere, Depok.

 Babak kualifikasi Equestrian Asian Games XVIII/2018 ini digelar dalam empat seri, yakni 9-11 Maret lalu di Arthayasa Stable, 27-29 April di APM Equestrian Centre, Tangerang, dan setelah seri ketiga di Arthayasa, seri terakhir atau keempat kembali digelar di APM Equestrian Centre, pada 8-10 Juni mendatang.

Gelaran seri ketiga dari babak kualifikasi Equestrian Asian Games di Arthayasa dilangsungkan bersamaan dengan “Indonesian Jumping Grand Prix-Skill Elegance Dressage Cup-FEI CCI Eventing”.

 Menurut keterangan, seri ketiga babak kualifikasi Asian Games untuk Dressage dan Jumping baru akan dilangsungkan Sabtu dan Minggu. Sementara, mulai Kamis ini, digelar seri ketiga Eventing (trilomba).

Kompetisi Eventing kualifikasi Asian Games dihelat mulai pukul 14.00 WIB ini, khususnya untuk atlet/rider yang belum memperoleh MER (Minimum Eligibility Requirement/Kelayakan Persyaratan Minimum), standarisasi untuk Eventing yang ditetapkan oleh Federasi Equestrian International.  Setelah itu baru digelar kompetisi untuk rider yang sudah memperoleh MER.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, MER untuk Eventing baru diterapkan pada seri kedua kualifikasi, yakni 27-29 April lalu di APM Equestrian Centre. Dari 11 rider yang berpartisipasi, hanya enam yang memperoleh MER, sehingga dengan demikian berhak untuk tampil di Asian Games XVIII/2018–khususnya dari nomor Eventing.

Ke-6 rider yang sudah memperoleh MER tersebut adalah Riko Febrianto Ganda (Balaturangga/Lelis Blanch), Alvaro Menayang (Elang 45/All Right), Jojo Jonathan (Emporium/Gwenn Do Empo), Steven Menayang (Elang 45/Riga), Albert Pelealu (JB Stable-Universitas Budi Luhur/Head For Heights), dan Jamhur Hatta (Balaturangga/Bunga Azalea).

 Karena sudah memperoleh MER keikutsertaan keenam rider di atas pada seri ketiga babak kualifikasi Asian Games ini hanya untuk ‘merawat’ MER yang sudah dicapainya (CNC 1*). Sementara, rider yang belum memperoleh MER wajib ikut seri nasional (CCI 1*).

Di seri ketiga kualifikasi ini, untuk CNC 1*, hanya lima rider yang berpartisipasi. Yakni, Riko Febrianto Ganda, Jojo Jonathan, Steven Menayang, Albert Pelealu dan Jamhur Hatta. Satu rider yang absen, Alvaro Menayang, karena ada masalah dengan kudanya.

 Sementara itu, untuk event CCI 1*, ada delapan rider yang berpartisipasi, dengan Marco Wowiling membesut dua kuda. Delapan rider yang bertarung untuk memperoleh MER ini adalah Marco Wowiling (Aragon/Pramudha Wardhani), Valentino Lumentah (Pamulang Equestrian/Zirtaki Overcinge’s Z), Herdian Ramadhan (Aragon/Blackberry), Iwan Saputra (Denkavkud/Gunung Tulis), Jendry Palandeng (D’Riders/Donitri), Anto Budiarto (Kurnia Stable/Autumn Spirit 2), Joko Susilo (Pegasus/Putri Kariza), Maria Christianto (Santa Monica/Chaniek), dan Marco Wowiling (Pegasus Oxone/Blue Marine).   (Nonnie Rering)