PM Lee Kuan Yew Berada Di Indonesia Tanggal 25-31 Mei

Memenuhi Undangan Presiden Soeharto

PM Lee Kuan Yew Berada Di Indonesia Tanggal 25-31 Mei

Singapura, 10 Mei 1973 – Pemerintah Singapura mengumumkan hari Kamis, bahwa PM Lee Khuan Yew dan sejumlah anggota kabinetnya akan mengunjungi Indonesia dari tanggal 25-31 Mei 1973.

sebuah pernyataan pemerintah Singapura mengatakan kunjungan itu bersifat kunjungan resmi pertama kali ke Jakarta yang dilakukan oleh Lee, untuk tujuan memperkuat saling pengertian dan hubungan bersahabat.

Pernyataan singkat itu mengatakan : “dalam rangka memenuhi undangan Presiden Soeharto kepada PM Lee Khuan Yew akan dipersiapkan suatu kunjungan resmi ke Indonesia pada akhir Mei tahun ini”.

PM Lee Khuan Yew disertai oleh Ny. Lee dan putranya, sejumlah menteri bersama pejabat Singapura akan berada di Jakarta awal 25 Mei 1973 sampai 28 Mei selanjutnya akan mengunjungi Medan, Prapat dari tanggal 28-31 Mei.

Dikatakan, kunjungan itu disediakan untuk mengadakan perundingan antara kedua pemimpin. Juga kedua Menlu akan menandatangani suatu perjanjian perbatasan.
Sementara itu Dubes Singapura di Jakarta, Lee Khoom Choy Kamis sore berangkat ke Medan dan selanjutnya akan ke negerinya dalam rangka mempersiapkan kunjungan PM Lee Khuan Yew di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Adam Malik telh menerima Dubes Lee Khoon Choy pada hari Selasa yang lalu dimana telah dibicarakan soal persiapan kunjungan kenegaraan dari PM Singapura tersebut.

Akan ke Prapat
Selanjutnya PM Lee Khuan Yew akan mengadakan kunjungan tidak resmi ke Medan dan Parapat (Sumut) dari tanggal 28 – 1 Juni, demikian Sekneg Jum’at pagi.

Rintangan Psikologis
Sementara itu Menteri Luar Negeri Adam Malik mengatakan bahwa masalah perbatasan yang akan ditandatanganinya dengan Menlu Singapura dalam rangka kunjungan PM Lee Khuan Yew akhir bulan ini juga akan mencantumkan soal batas perairan dan tonage kapal tangker.

Malik belum bersedia memperinci isi perjanjian itu tapi ia mengatakan bahwa dengan penandatanganan itu segala rintangan psikologis akan selesai.

Malik selanjutnya membenarkan bahwa ia akan datang menyertai PM Lee Khuan Yew ke Sumut setelah mengunjungi Jakarta. (SH/Ant/AP)