Pasukan Malaysia – RI tewaskan 7 Orang Komunis Diperbatasan Serawak

Pasukan Malaysia – RI tewaskan 7 Orang Komunis Diperbatasan Serawak

Pertemuan Bulanan Ke-51 Berakhir

Kuching, Serawak, 24 Mei 1973 – Pasukan keamanan Malaysia dan Indonesia telah menewaskan 7 orang gerilyawan komunis di sepanjang perbatasan Serawak – Kalimantan Indonesia, sejak tanggal 6 April, demikian diumumkan hari Rabu.

Sebuah pernyataan bersama-sama yang dikeluarkan pada akhir pertemuan bulanan keamanan perbatasan bersama yang ke-51 selama dua hari, antara angkatan bersenjata Malaysia dan Indonesia, mengatakan 4 orang gerilyawan lainnya telah ditawan dua orang lagi menyerahkan diri dan sejumlah senjata berhasil dirampas.

Perutusan Indonesia terdiri dari 12 orang dibawah Panglima Kodam XII, Brigjen Seno Hartono sedang pihak Malaysia dipimpin Panglima Brigade Infantri III Brigjen Hassan Saleh
pertemuan itu memberikan kesempatan untuk membicarakan seluruh aspek langkah balasan yang telah dilaksanakan atau akan dilaksanakan dalam menghadapi gerilyawan komunis.

Sementara itu kantor berita Malaysia, Bernama mewartakan dari Kuala Lumpur hari Rabu bahwa seorang gerilyawan komunis bersenjata telah ditewaskan di daerah Balai Ringin kira-kira 60 mil sebelah tenggara Kuching hari Selasa.

Geriyawan itu dikenal sebagai Choong Mui Siong alias Lee Kun, 37 tahun dan gerilyawan komunis ke-29 yang berhasil ditewaskan pasukan keamanan Malaysia. (SH/Ant)