Menang 1-0, The Saints Antar West Brom Ke Championship

Menang 1-0, The Saints Antar West Brom Ke Championship

Manolo Gabbiadini guim.co.uk/

SHNet, Swansea – Laga penentuan pekan ke-37 Premier League harus berakhir pahit bagi tuan rumah Swansea City setelah kalah dari tamunya Southampton 0-1 di Liberty Stadium, Rabu (9/5) dinihari WIB. Gol tunggal Manolo Gabbiadini di menit 72 tidak hanya mengamankan posisi The Saints untuk sementara dari zona degradasi namun sekaligus mengantar salah satu rivalnya, West Bromwich Albion berlaga di divisi Championship musim depan.

Duel antara peringkat 17 dan 18 tersebut menjadi krusial karena kedua tim mengetahui bahwa kegagalan untuk menang menuntut mereka wajib menang di matchday terakhir Liga Inggris untuk dapat tetap bertahan di kasta teratas.

Dan Southampton boleh jadi tersenyum di tengah pekan ini setelah manajer Mark Hughes mengambil keputusan tepat mengganti bek tengah Jan Bednarek yang cedera dan menempatkan Manolo Gabbiadini membantu sisi penyerangan. Striker Italia tersebut berhasil menyambar bola liar hasil tembakan Charlie Austin ke dalam jala gawang Lukasz Fabianski.

Kebobolan satu gol di kandang sendiri membuat tuan rumah mencoba bangkit tapi The Swans tidak mendapatkan peluang yang jelas sejak sehingga saat wasit Michael Oliver meniup peluit panjang, skuad Carlos Carvalhal tahu bahwa dengan tiga poin di belakang Huddersfield Town mereka harus menang dan berhitung poin dengan rivalnya tersebut di laga terakhir pekan ini.

Jika Swansea berhasil menang mereka akan aman kecuali The Terriers sukses mencuri satu poin dari Chelsea maupun Arsenal dalam sepekan ini. Sementara Southampton yang akan menghadapi Manchester City secara hitung-hitungan memiliki selisih gol (-18) yang cukup aman atas Swansea, yang harus mencetak di atas sembilan gol untuk lolos.

Hasil kurang beruntung didapat West Brom yang tampil gemilang di tiga laga terakhir mereka, sehingga membuat caretaker Darren Moore dianugerahi manajer terbaik untuk bulan April, tapi dengan kemenangan Southampton maka hasil 31 angka tidak mungkin bagi mereka untuk mengejar lagi tim di atasnya. (GP)