Mahathir Mohamad Resmi dilantik Sebagai Perdana Menteri Malaysia

Mahathir Mohamad kembali menjabat Perdana Menteri Malaysia di usia 92 tahun. (Ist)

Mahathir Mohamad Resmi dilantik Sebagai Perdana Menteri Malaysia

SHNet, DAMANSARA – Mahathir Mohamad akhirnya ditetapkan sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia yang baru setelah secara mengejutkan menang dalam pemilihan umum legislatif, Kamis (10/5). Ada pula kabar yang mengatakan kalau PM Najib Razak dan kerajaan berusaha mengulur waktu agar pelantikan bisa ditunda. 

PM Najib dan isterinya, Siti Hasmah Mohamad Ali, sampai menit terakhir dikabarkan masih berupaya mengulur waktu menempa koalisi dengan partai kecil oposisi. Saat usahanya itu menemui jalan buntu, kerajaan akhirnya melantik Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri baru.

Mahathir yang saat ini berusia 92 tahun kini tercatat sebagai kepala negara paling tua di dunia. Ia sendiri tidak berniat berkuasa dalam waktu lama. Paling lambat dalam waktu dua tahun Mahathir berjanji akan turun tahta dan menyerahkan tongkat pemerintahan ke bekas musuh bebuyutannya, Anwar Ibrahim. 

Istri Anwar yang juga Ketua Umum Parti Keadilan Rakyat (PKR), Dr. Wan Azizah, diplot bakal menjadi wakil perdana menteri. Kemenangan Pakatan Harapan dalam pemilu legislatif mengakhiri 60 tahun kekuasaan Barisan Nasional di Malaysia. 

Seperti dilansir AsiaNews, koalisi yang terdiri dari PKR, Parti Tindakan Demokratik, Parti Islam Se-Malaysia dan sejumlah partai kecil lainnya itu menguasai mayoritas sederhana di parlemen dengan perolehan 113 dari 222 kursi.

Mahathir dalam sebuah kesempatan telah menyatakan jika menjadi PM, ia akan memohonkan pengampunan dari Kerajaan kepada Anwar dan jika Anwar dibebaskan, ia akan menyerahkan kursi PM itu untuk dilanjutkan Anwar yang juga merupakan anak asuhnya itu.   (Nonnie Rering)