Ketua DPRD Maluku, Edwin Huwae, Apresiasi Tanggap Cepat Polda Maluku

Ketua DPRD Maluku, Edwin Huwae, Apresiasi Tanggap Cepat Polda Maluku

MEMBANTU - Seluruh personil Polda Maluku bergerak cepat turun ke lokasi-lokasi banjir membantu warga dengan membersihkan jalan-jalan dan got-got agar tak sampai tersumbat. (Dok/SHNet)

SHNet, AMBON – Hujan yang mengguyur kota Ambon dalam beberapa hari terakhir memang cukup mengganggu suasana kerja warga kota Ambon.

Tapi, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae mengapresiasi gerak dan tanggap cepat Polda Maluku untuk turun langsung ke lapangan membantu warga yang rumahnya kebanjiran atau terhalang jalan karena genangan air.

“Saya salut dengan para personil Polda Maluku. Benar-benar tanggap dan gerak cepat menangani kondisi hujan dan banjir bahkan sampai pohon-pohon tumbang menimpa sejumlah mobil di kota Ambon pun, personil Polda Maluku turun tangan. Lihat mereka dengan seragam-seragam turun ke jalan membersihkan sampah-sampah dan got-got agar tak sampai tersumbat. Saya apresiasi kesadaran tinggi ini. Terima kasih Polda Maluku. Kota Ambon dan Maluku aman dan tenang bersama Polda Maluku,” kata Edwin kepada SHNet, Kamis (31/5) pagi sambil mempertanyakan dimana keberadaan Dinas PU Kota Ambon yang seharusnya lebih tanggap lagi dengan persoalan ini.

Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas II Ambon, memperkirakan curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi dengan durasi yang lebih lama akan terus melanda Pulau Ambon dalam jangka waktu beberapa hari ke depan sampai sepanjang Juni. Ini tentu membuat warga harus lebih berhati-hati.

Ketua DPRD Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae. (Dok/SHNet)

Akibat curah hujan yang sudah melebihi kapasitas sepanjang pekan ini, air sungai pun mulai meluap menggenangi rumah warga di sejumlah wilayah di kota Ambon. Banjir, tanah longsor dan pohon tumbang pun jadi pemandangan biasa di kota Ambon.

Untungnya, warga tak sendirian. Polda Maluku begitu tanggap cepat dengan mengerahkan nyaris seluruh personilnya ke sejumlah lokasi di kota Ambon yang terkena bencana alam. Instruksi langsung dari Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto agar pasukannya terus mengawal warga benar-benar dijalani dengan siaga.

Satuan Brimob Polda Maluku tak sungkan turun langsung ke lapangan guna mengantisipasi luapan air sungai di sejumlah wilayah seperti Ahuru, Batu Merah, Waihaong, Batu Gajah dan juga Waiheru.

Cuaca ekstrim yang mengakibatkan pohon tumbang di kawasan Said Perintah pada Rabu (30/5) pun, langsung ditangani oleh Satuan Brimob Polda Maluku. Warga jelas terbantu dengan langkah cepat Polda Maluku yang turun ke lapangan dan menolong masyarakat secara langsung ini.

“Setidaknya warga bisa lebih tenang dengan kesigapan personal Polda Maluku ini. Tinggal kita tenang dan sama-sama berdoa memohon belas kasihan Allah agar hujan tak berkepanjangan sampai mengakibatkan bencana alam yang lebih besar,” harap Edwin yang juga Ketua DPD PDI-Perjuangan Provinsi Maluku.   (Advetorial/NR)