Kemenpar dan Kedubes India Gelar Yoga di 10 Kota

Kemenpar dan Kedubes India Gelar Yoga di 10 Kota

Yoga, tidak hanya memberi manfaat untuk kesehatan, tetapi juga bisa memanage stres. (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Kedutaan Besar India menggelar yoga mulai 9-24 Juni 2018 di 10 kota di Indonesia. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional ke-4.

Tema perayaan Hari Yoga Internasional ke-4 adalah Sepuluh Kota, Sepuluh Hari, Menyatukan Duapuluhribu Pecinta Yoga. “Mempromosikan kesehatan dan kebahagiaan melalui Yoga”. Kesepuluh kota tersebut antara lain Malang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali, Surabaya dan Medan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, India merupakan salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia ketika Indonesia diblokade oleh Belanda. India juga yang mengirimkan bantuan makanan ke Indonesia.

Terkait dengan yoga, lanjut Arief Yahya, Indonesia yang menggalang 177 negara untuk setiap 21 Juni dirayakan sebagai Hari Yoga Internasional. “Dari sisi pariwisata, India mengalami pertumbuhan tertinggi kedua setelah Tiongkok,” ujarnya, di Jakarta, Senin (30/4).

Menurutnya, yoga tidak hanya memberikan manfaat kesehatan dalam gaya hidup, tetapi juga dalam pariwisata untuk berkembangnya lalu lintas wisatawan internasional maupun wisatawan dari kedua negara.

“Di Indonesia, ada beberapa destinasi wisata yang cocok untuk pecinta yoga seperti Bali, sedangkan di India ada Kerala, Uttarakhand dan masih banyak lagi,” lanjutnya.

Pencatatan rekor terbesar acara puncak Perayaan Hari Yoga Internasional ke-4 akan diadakan di Candi Prambanan, Yogyakarta pada 24 Juni 2018.

Sementara itu Duta Yoga Indonesia, Anjasmara mengatakan, yoga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga baik untuk memanage stress agar lebih baik. Dan yoga meski berasal dari India, bukan milik agama tertentu.

“Dalam ajaran yoga, tidak diajarkan untuk kita menjadi Hindu. Jadilah dirimu sendiri, cinta agamamu dan jadilah yang terbaik,” kata Anjasmara. (Stevani Elisabeth)