Jokowi Ultimatum DPR Sahkan RUU Tindak Pidana Terorisme

Jokowi Ultimatum DPR Sahkan RUU Tindak Pidana Terorisme

Ist

SHNet, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengultimatum DPR agar segera mengesahkan Undang-undang Tindak Pidana Terorisme. Jika pada bulan Mei 2018, rancangan undang-undang yang diajukan pemerintah pada Februari 2016 tersebut belum disahkan, Presiden Jokowi akan mengeluarkan Perppu pada Juni 2018.

“Saya juga meminta kepada DPR dan kementerian-kementerian terkait yang berhubungan dengan revisi UU Tindak Pidana Terorisme yang sudah kita ajukan pada bulan Februari 2016 yang lalu, artinya sudah dua tahun untuk segera diselesaikan secepat-cepatnya dalam masa sidang berikut yaitu di 18 Mei yang akan datang. Karena ini merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi aparat,” tegas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut di PRJ Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (14/5).

Kepala Negara mengatakan, keberadaan UU tersebut nantinya bagi Polri sangat penting untuk menindak tegas pelaku teroris. “Kalau nantinya di bulan Juni, diakhir masa sidang ini belum diselesaikan, saya akan keluarkan perppu,” tegasnya.

Ia menegaskan ledakan bom di Surabaya, yang berlangsung, Minggu-Senin adalah tindakan para pengecut, tindakan tidak bermartabat.

“Ini adalah tindakan pengecut, tindakan yang tidak bermartabat, tindakan yang biadab dan perlu saya tegaskan lagi kita akan lawan teriorisme, dan kita akan basmi terorisme sampai ke akar akarnya. Saya sampaikan kepada Polisi, sudah perintahkan pada kapolri untuk tegas tidak ada kompromi dalam melakukan tindakan tindakan di lapangan untuk menghentikan aksi aksi teroris ini,” tegasnya. (IJ)