Jerman Barat Akan Bangun Hotel Turis Di Indonesia

Pertemuan Di Istana Cipanas

Jerman Barat Akan Bangun Hotel Turis Di Indonesia

Jakarta, 9 Mei 1970 – Menteri Luar Negeri RI Adam Malik dan Menteri Luar Negeri RFD Walter Scheel hari Jumat siang telah mengadakan perundingan di Istana Cipanas yang membicarakan mengani hubungan kedua negara, terutama dibidang penanaman modal.

Dalam perundingan tersebut Menlu Adam Malik didampingi oleh Sekjen Deplu Ny. Artati Marzuki Sudirdjo, Dirjen Pol. Anwar Sani, Dirjen HELN Ismael Thayeb dan AB. Lubis, sedang Melu Walter Scheel didampingi Deputy Ururusan Politik Dr. Walter Gehlhoff dan Direktur Urusan Ekonomi Asia Tenggara Heinz Herrman.

Dalam pembicaraan masalah kerjasama-ekonomi antara kedua negara tersebut dititik beratkan pada penanaman modal Jerman Barat di Indonesia. Antara lain dibahas perluasan kegiatan industri dan kepariwisataan, seperti assembling kendaraan Jerman di Indonesia dan pembangunan hotel turis.

Perluasan investment
Pemerintah Jerman akan menganjurkan pengusaha swasta Jerman Barat untuk memperluas usaha investment mereka di Indonesia.

Juga telah disinggung maksud Jerman Barat untuk menambah bantuannya kepada negara yang sedang berkembang, terutama di Asia.

Pembicaraan itu dimulai pukul 14:30 dan berakhir pukul 17:00, setelah mana rombongan segera kembali ke Jakarta.
Dalam mengawali pembicaraan itu, Menteri Luar Negeri Adam Malik menyayangkan kunjungan yang sangat singkat dari rekannya itu, sehingga tidak dapat melihat bagian terbesar dari Indonesia lainnya.

Sekalipun begitu, demikian Malik menambahkan, pemandangan yang dilihat sepanjang perjalanan Jakarta – Cipanas dapatlah menimbulkan kesan betapa padat penduduk Indonesia dan melihat cara hidup rakyat yang selalu hendak memperbaiki taraf hidup mereka. (SH/Antara)