Jamkrindo Perpanjang Kerjasama dengan Bank Sumut

Jamkrindo Perpanjang Kerjasama dengan Bank Sumut

PT Jamkrindo Syariah dan UUS Bank Sumut memperpanjang kerjasama untuk layanan jasa penjaminan. (Dok. Jamkrindo)

SHNet, Jakarta- Setelah tiga tahun bermitra, PT Jamkrindo Syariah kembali memperpanjang kerjasama dengan Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Sumut untuk layanan jasa penjaminan, di Jakarta, kemarin.

Pada 2015, kedua belah pihak bekerjasama untuk layanan jasa penjaminan yang meliputi penjaminan multiguna, bank garansi (kontra bank garansi), konstruksi pengadaan barang dan jasa serta modal kerja dan investasi.

“Setelah 3 tahun tahun tersebut telah mencapai volume penjaminan sebanyak 825 M dengan Imbal Jasa Kafalah (IJK) sebesar 15 M,” ujar Plt Direktur Utama PT Penjaminan Jamkrindo Syariah Gaotot Suprabowo.

Dia mengatakan, adapun target penjaminan PT Jamkrindo Syariah pada tahun 2018 adalah sebesar Rp 13,8 triliun dengan target laba Rp 18,9 miliar.

Menurut Gatot, manfaat yang diperoleh Jamkrindo Syariah selaku penjamin dari ini adalah menerima imbal jasa berupa fee yang akan dibukukan sebagai pendapatan perusahaan penjamin.

Sementara itu Direktur Utama PT Bank Sumut Edie Rizliyanto mengatakan, dari kerjasama ini, UUS Bank Sumut selaku penerima jaminan adalah customer based akan bertambah karena calon debitur yang memiiki collateral yang tidak bankable menjadi bankable.

“Dengan demikian Bank bisa melakukan ekspansi bisnisnya sehingga penyaluran pembiayaan bisa meningkat tanpa menghilangkan aspek kehati-hatian (prudential). Dengan pembiayaan yang dijamin oleh penjamin, maka perhitungan risiko dalam menghitung ATMR (Aktiva Tertimbang Menurut Risiko) pada sebuah bank menjadi lebih kecil bobot risikonya sehingga CAR akan meningkat karena CAR diperoleh dari perbandingan antara modal dengan ATMR dimana dengan modal yang tetap namun ATMR menurun maka CAR menjadi lebih besar sehingga kapasitas lending bank menjadi lebih besar,” kata Eddie. (Stevani Elisabeth)