Jakarta No 5 Terkotor Di Dunia

Jakarta No 5 Terkotor Di Dunia

Jakarta, 12 Mei 1973 – Karachi telah dinilai sebagai kota terkotor nomor satu di dunia, demikian seorang pejabat senior pemerintah Muangthai menerangkan di Bangkok hari Kamis.

Dr. Ophas Thimvanich pengarah jawatan kesehatan rakyat di Thonburi, kota kembarnya Bangkok, menerangkan bahwa berdasarkan hasil penilaian sebuah rapat Bank Dunia di Washington dimana ia hadir sebagai anggota delegasi Muangthai, Calcutta, Manila, Jakarta dan Bangkok masing-masing dinilai sebagai kota paling kotor nomor dua, tiga, empat lima dan enam.

Penilaian itu didasarkan pada faktor yang menyangkut keadaan pengangkutan, tempat tinggal rakyat jelata dan perumahan, persedian air minum dan listrik, pembuangan sampah dan selokan, pendidikan, pendapatan per kapita, pencolengan, pencegahan kebakaran, kesehatan umum pencemaran air dan kesempurnaan akhlak.

Stigma kota yang dinilai oleh Bank Dunia itu adalah ibukota dari negara besar yang sedang berkembang dengan jumlah penduduk masing-masing lebih dari 1,5 juta orang. (SH/Ant/Rtr)