Celtics Butuh 1 Kemenangan Lagi

Celtics Butuh 1 Kemenangan Lagi

AP

SHNet, Boston – Boston Celtics hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menuju partai puncak di final NBA 2018 setelah berhasil mengatasi Cleveland Cavaliers 96-83 di Game 5, Kamis (24/5) WIB. Untuk sementara Celtics unggul 3-2 atas Cavs dan berharap dapat menuntaskan seri ini di kandang lawan, Quicken Loans Arena Sabtu (26/5) mendatang.

Setelah gagal di dua pertandingan sebelumnya di kandang Cleveland, tim asuhan Brad Stevens bangkit di Game 5 untuk mengunci laga krusial tersebut. Jayson Tatum kembali tampil menawan di TD Garden dengan mendulang 24 point plus dukungan Jaylen Brown yang mengemas 17 angka. Sementara sedikit perubahan dibuat oleh pelatih Stevens dengan mendorong Al Horford menjadi forward menggantikan Marcus Morris dan menempatkan Aron Baynes sebagai center.

Hasilnya Horford cukup efektif di bawah ring dengan 15 angka dan 12 rebound, untuk mengatasi duo Cavs, Kevin Love dan Tristan Thompson yang hanya mampu menyumbang 14 dan 1 poin. Sedangkan duo Marcus, yakni Morris dan Smart, yang datang dari bench Boston masing-masing menambah perolehan skor timnya dengan 13 angka.

Tahu kemenangan di game ini sangat penting para pemain Celtics langsung menekan Cavs dan unggul cukup jauh (32-19) di kuarter pertama. Ini merupakan kunci kemenangan bagi tuan rumah karena di kuarter kedua dan keempat LeBron James dan kawan-kawan mencoba merapat dengan memangkas total 5 poin (23-21 dan 23-20), tapi hal tersebut tidak cukup untuk menahan tekanan Celtics di kuarter ketiga (23-18).

LeBron James yang tampak terlihat lelah di game ini (26 poin, 10 rebound, 5 assist) dan Kevin Love (14 poin, tujuh rebound) mencoba mengangkat permainan Cavaliers, namun tiga starter lainnya dari Cleveland total hanya mencatat 10 poin. Konsistensi permainan James akan ditunggu di dua laga tersisa apalagi Celtics sebagai tim terbaik di wilayah timur masih memiliki 1 kesempatan lagi bermain di TD Garden.

Tapi Terry Rozier dan kawan-kawan tidak boleh lengah di dua laga tersisa karena LeBron memiliki catatan 5-2 sepanjang karirnya jika bermain di Game 7, termasuk lima kemenangan beruntun. Yang terakhir terjadi di Perempatfinal Wilayah Timur, ketika James melesakkan 45 poin, delapan rebound dan tujuh assist saat Cavaliers mengalahkan Indiana Pacers dan memenangkan tiket ke semifinal Wilayah Timur. Menurut catatan ESPN, berkat kinerjanya tersebut, LeBron saat ini menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah liga NBA yang mencetak 45 poin di Game 7 pada dua seri terpisah playoffs. (FRA)