BIG Luncurkan Atlas Jalur Mudik 2018, Ini Keunikannya

BIG Luncurkan Atlas Jalur Mudik 2018, Ini Keunikannya

Badan Informasi Geospasial (BIG) luncurkan Atlas Jalur Mudik 2018. (Ist)

SHNet, Bogor- Badan Informasi dan Geospasial (BIG) meluncurkan Atlas Jalur Mudik 2018, di Kantor BIG Cibinong, Bogor, Rabu (30/5).

Kepala Badan Informasi dan Geospasial Hasanudin Zainal Abidin mengatakan, peta ini dibuat lebih lengkap, akurat dan detail. “Biasanya kalau mudik, kita cari jalur alternatif yang tidak macet. Di Atlas Jalur Mudik 2018 ini kita buat jalur alternatif,” ujarnya.

Menurutnya, Atlas Jalur Mudik 2018 ini tidak hanya memuat jalur-jalur utama saja tetapi juga memuat jalur alternatif yang tidak ada di google maps dan wise. Peta ini berlaku untuk mereka yang akan mudik ke daerah-daerah pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

Ia menambahkan, pihaknya telah mensosialisasikan Atlas Jalur Mudik 2018 lewat Geoportal dan android.

Sementara itu Deputi IIG Peta Dasar Badan Informasi Geospasial Nurwadjedi menjelaskan, ada beberapa keunikan dari Atlas Jalur Mudik 2018 diantaranya menampilkan informasi rupa bumi, gambar-gambar tiga dimensi, lokasi-lokasi rawan longsor, rawan banjir dan masih banyak lagi.

Dengan peta ini, masyarakat yang akan mudik ke kampung halamannya juga bisa mengetahui tempat-tempat rest area yang ada di jalur yang dilaluinya. Mereka juga bisa melihat taman-taman wisata dan SPBU terdekat dengan peta ini. “Dengan adanya peta jalur mudik ini , semoga bermanfaat bagi para pemudik,” ujarnya.

Atlas Jalur Mudik 2018 ini merupakan kerjasama BIG dengan beberapa mitra kerjanya seperti Jasa Marga, ITENAS, dan sebagainya. (Stevani Elisabeth)