Bahasa Indonesia Makin Laris Di Ausie

Bahasa Indonesia Makin Laris Di Ausie

Jakarta, 31 Mei 1969 – Jumlah pelajar yang mempelajari bahasa Indonesia dalam waktu satu tahun ini telah meningkat dua kali lipat lebih di Negara Bagian Victoria, Australia.

Suatu penyelidikan yang dilakukan bahwa sekarang ini telah ada 30 sekolah di Negara Bagian tersebut yang mengajarkan bahasa Indonesia kepada 2200 pelajar.

Sedang tahun lalu jumlah sekolah itu hanya 17 buah saja dengan pelajarnya sejumlah 1060.
Tahun ini bahasa Indonesia diajarkan di 17 sekolah pemerintah dan 13 sekolah swasta, sedangkan tahun lampau hanya 12 sekolah pemerintah dan 5 sekolah swasta.

Kursus tertulis yang dimulai oleh Institut Teknologi Melbourne dalam tahun lalu kini telah dilanjutkan dengan kursus lanjutan untuk memenuhi standar yang diperlukan untuk memperoleh tanda tamat.

Sebuah sekolah lanjutan Camberweell, di luar kota Melbourne, tahun ini mempelopor mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah lanjutan pertama di Victoria.
Beberapa sekolah di Melbourne kini sedang mempertimbangkan suatu rencana untuk mengadakan kunjungan ke Indonesia oleh pelajar yang telah memperoleh ijazah bahasa Indonesia.

Kunjungan itu direncanakan akan diadakan dalam bulan Desember dan Februari selama liburan panjang musim panas.
Negara Bagian New South Wales, Victoria dan Australia Selatan mempunyai program untuk mengembangkan pelajaran bahasa Indonesia dan melatih guru bahasa Indonesia di wilayah mereka masing-masing.

Bahasa Indonesia juga diajarkan di sekolah di Australia Barat, Tasmania dan daerah Ibukota Australia. (SH)