Bagi-bagikan Tanda Gambar

Bagi-bagikan Tanda Gambar

Jakarta, 15 Mei 1971 – Kepala Lembang (Kepala Desa) bersama Bina Desa dan Hansip beberapa waktu yang lalu menjalani kampung di Tanah Toraja, membagi-bagikan tanda gambar Golkar kepada penduduk dan mengatakan, sekarang ini tidak ada partai politik lagi, yang ada hanya Golkar , demikian keterangan sumber “SH” yang mengirim berita ke Jakarta.

Ia menulis, pejabat itu mengatakan, siapa tidak masuk Golkar, tidak akan dilayani kalau ada keperluannya.
Dan sering mengancam “Awas kami akan tahu siapa yang akan kamu tusuk nanti”.

Sumber itu menulis kemudian, guru-guru SD telah mendapat tekanan yang sama, gaji mereka diancam tidak akan dibayar kalau tidak masuk Kokarmendagri.

Ketika akhir April yang lalu sebuah partai mengadakan kampanye, menempelkan tanda gambar di pohon-pohon di daerah Manggau, Makale, Bongbongan, telah dicabut oleh penguasa setempat dengan mengatakan, itu tidak boleh, tiang listrik dan pohon di tepi jalan adalah milik pemerintah.

Berita yang sama diterima dari Rantepao, tanda gambar salah satu partai itu dicabut tengah malam dan diganti dengan tanda gambar golongan lain. Dikatakan selanjutnya anggota PPS yang berasal dari partai politik berangsur-angsur telah diganti dengan anggota golongan lain. (SH)