Valencia Geser Real Madrid

Valencia Geser Real Madrid

Rodrigo / valenciacf.com

SHNet, Valencia – Sebuah gol dari Rodrigo pada menit ke-7 sudah cukup bagi Kelelawar Mestalla untuk naik ke peringkat ketiga menggeser Real Madrid di pekan 31 Liga Primera Spanyol, Senin (9/4) dinihari WIB. Di partai sebelumnya dalam El Derbi Madrileño, sang juara bertahan hanya mampu bermain imbang melawan Atletico yang tetap kokoh di posisi kedua. Valencia menang tipis 1-0 atas Espanyol.

Hasil imbang dalam derbi Madrid mungkin menjadi hal yang patut disesalkan oleh Zinedine Zidane karena membuat timnya gagal merapatkan jarak dengan rival sekotanya tersebut, namun bagi pasukan Marcelino García Toral ini merupakan peluang emas untuk meraih poin sempurna di kandang sendiri.

Espanyol sendiri meski saat ini dekat dengan papan bawah tapi skuad Antonio Diaz datang ke Mestalla bukan tanpa perlawanan. Laga baru dimulai Los Periquitos sudah menunjukkan kengototan mereka menahan gempuran tuan rumah bahkan striker Gerard Moreno sempat membuat gol yang sayangnya masih dianulir wasit. Hingga sundulan Rodrigo di menit awal akhirnya membawa Valencia memimpin 1-0.

Meski hanya sekali menggetarkan jala gawang Pau Lopez tapi penyerang Valencia itu sudah mencetak gol di lima pertandingan sebelumnya berturut-turut. Ini merupakan musim terbaik Rodrigo Moreno. Pemain internasional Spanyol itu tampil apik baik di level klub maupun di timnas. Hingga pekan ini penyerang kelahiran Brasil 27 tahun lalu tersebut kini telah mencetak 18 gol, torehan yang sama yang dibuatnya saat masih berseragam SL Benfica.

“Awalnya kami sempat goyah, tetapi kemudian kami mendominasi. Pada babak pertama, pemain terbaik di atas lapangan adalah penjaga gawang mereka,” ujar pelatih Valencia, Marcelino.

“Kami seharusnya bisa membangun keunggulan yang lebih besar dan skor yang sangat ketat membawa ketidakpastian jalannya laga ini. Setelah jeda, kami juga melakukan beberapa kesalahan di sepertiga akhir laga dalam posisi yang baik, tetapi tidak ada banyak peluang yang jelas untuk tim lawan, meski harus diakui RCD Espanyol adalah tim yang bagus karena mereka telah meraih hasil positif melawan tim-tim top dan saya benar-benar menghargai kemenangan ini, serta apa yang kami lakukan di lapangan permainan. Saya menganggap kami pantas menjadi pemenang,” jelas sang pelatih.

Kemenangan tersebeut tidak hanya membuat Valencia kini hanya berjarak tiga poin dari Atletico yang mengumpulkan nilai 69 tapi Los Che juga menjadi salah satu tim papan atas yang akan mencoba memberi kekalahan pertama bagi pimpinan klasemen Barcelona di pekan mendatang. (GP)