Syafruddin, Usut Tuntas Miras Oplosan Ini

Syafruddin, Usut Tuntas Miras Oplosan Ini

SHNet, Jakarta – Kasus miras oplosan kini sudah sangat menghawatirkan, dengan banyaknya korban yang meninggal.karena minum miras oplosan. Untuk itu Waka Polri Komjen Syafruddin, kembali menegaskan agar jajaran Polda Metro Jaya mengusut tuntas kasus kematian puluhan orang akibat miras oplosan.

Tidak hanya di pengedar, polisi harus menyelidiki hingga ke level distributor yang memperjul-belikan metanol.

“Ya ini kita investigasi ke distributor, perizinan dan mekanismennya. Saya minta itu ya Pak Wakapolda (Brigjen Purwadi),” ujar Syafruddin kepada wartawan di Mapolres Jaksel, Rabu (11/4/2018).

Untuk itu mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini meminta Polda Metro Jaya, menyelidiki penjualan metanol. Sebab, metanol seharusnya tidak dijual secara bebas.

“Mekanisme penjualannya seperti apa yang detail. Kalau hanya masalahnya yang diselesaikan itu tidak akan selesai, tapi sistemnya yang dihabisi,” tuturnya.

Seperti diketahui,jumlah korban tewas akibat nenggak miras oplosan di wilayah hukum Polda Metro Jaya yakni 31 orang. Di wilayah Jawa Barat ada 51 orang, belum lagi di wilayah Kalimantan Selatan. Polri memperkirakan total korban di 3 Provinsi mencapai ratusan.

Wakapolri juga mengimbau agar kementerian/lembaga terkait ikut turun tangan menuntaskan persoalan ini agar permasalahan diselesaikan hingga ke tingkat hulu.

“Semua sistem harus dibenahi, regulasinya, saya sudah singgung itu masalah izinnya. Semua sistemnya harus dibenahi, ditangani secara komprehensif. Semua Kementerian Lembaga harus turun tangan,” paparnya. (MH)