Simmons ‘Triple-double’, Sixers Unggul 3-1

Simmons ‘Triple-double’, Sixers Unggul 3-1

Ben Simmons / AP

SHNet, Miami – Ben Simmons mencetak triple-double saat Philadelphia 76rs kembali mengandaskan harapan tuan rumah Miami Heat 106-102 di AmericanAirlines Arena pada Game 4 Playoff NBA putaran pertama wilayah timur, Minggu (22/4) WIB. Guard Sixers itu mencatat 17 poin, 10 assist, 13 rebound plus 4 steal, sebuah catatan istimewa yang dibuat seorang rookie di ajang playoff karena merupakan yang pertama dalam 40 tahun hal itu terjadi di kompetisi NBA. Terakhir catatan rekor tersebut ditorehkan Magic Johnson pada tahun 1980 saat bermain sebagai rookie di LA Lakers.

Meski Simmons tampil cemerlang tapi pemimpin perolehan skor bagi Philadelphia dibuat oleh JJ Reddick dengan 24 poin, selisih satu angka dari pencetak angka tertinggi Heat, Dwyane Wade yang mendulang 25. Sixers untuk sementara unggul 3-1 dan kemungkinan akan menutup peluang Miami di kandang mereka pada Game 5 Rabu (25/4) WIB untuk menembus putaran kedua.

“Saya terkejut kami dapat memenangkan gim ini,” ujar pelatih Brett Brown. Kami sebenarnya tidak pantas memenangkannya,” tambah Brown.

Tim racikan Brown memang cukup banyak membuat turnovers dalam pertandingan tersebut. Sebanayak 26 kegagalan menguasai bola dibuat oleh anak asuhnya plus hanya memasukkan 7 tembakan tiga angka dari 31 kesempatan, serta center Joel Embiid hanya membuat 2 dari 11 percobaan tembakan dari area field. Tapi Sixers bermain taktis di markas Heat dalam hal defense sehingga membuat Goran Dragic dan kawan-kawan kehilangan bola 19 kali, ditambah free-throw tuan rumah sangat buruk, hanya masuk 13 dari 25 percobaan.

Sixers berhasil menyamakan kedudukan di kuarter 1 (26-26) meski kemudian mereka sempat tertinggal 5 angka di pertengahan babak. Tapi perlahan Simmons memimpin rekan-rekannya untuk bangkit di kuarter ketiga, melaju 14-0 dan sejak saat itu hingga kuarter terakhir mereka sudah sulit terkejar.

Brett Brown mungkin sedikit tidak percaya dengan hasil yang ditorehkan timnya tetapi yang jelas Philadelphia 76rs sudah meraih 19 kemenangan dari 20 laga terakhir yang mereka jalani. (GP)