Ronaldo Pupus Asa Juventus

Ronaldo Pupus Asa Juventus

marca.com

SHNet, Madrid – Sukses AS Roma yang secara luarbiasa menyingkirkan Barcelona dari perempat final Liga Champions musim ini memotivasi Juventus untuk melakukan hal yang sama di leg kedua turnamen tersebut, Kamis (12/4) dinihari WIB. Lebih gila lagi ambisi si Nyonya Tua adalah menyingkirkan sang juara bertahan di stadion Santiago Bernabeu dengan tertinggal 3-0 di partai sebelumnya.

Hingga 90 menit asa Gianluigi Buffon dan kawan-kawan begitu kuat karena berhasil mencetak tiga gol untuk menyamakan agregat dan membawa pertandingan ke babak tambahan waktu, tapi semua itu pupus saat penalti Ronaldo menggetarkan jala gawang Wojciech Szczesny di masa perpanjangan waktu.

Bianconeri unggul cepat di menit kedua setelah umpan Sami Khedira berhasil disambar tandukan Mario Mandzukic yang tidak terkawal di jantung pertahanan tuan rumah. 1-0 Juventus memimpin.

Ketiadaan Sergio Ramos di sentral pertahanan Los Blancos menjadi titik lemah tuan rumah dalam pertandingan tersebut. Sebaliknya kembalinya Miralem Pjanic dalam starting XI Allegri membuat tim tamu bermain lebih rapi dalam menyusun serangan. Allegri juga jitu menempatkan Sami Khedira dan Blaise Matuidi untuk menopang Douglas Costa dan Mandzukic yang menekan dari dua sayap. Kengototan Khedira dan Matuidi yang cepat memotong lini tengah tuan rumah menjadi kunci permainan gemilang Juventus di Bernabeu.

Menit 37 Khedira kembali menjadi kreator gol kedua yang dicetak Mandzukic. Menerima bola dari Gonzalo Higuain gelandang internasional Jerman itu meneruskan bola melebar kepada Stephan Lichtsteiner. Bek kanan yang masuk di menit 17 menggantikan Mattia De Sciglio itu mengirim umpan lambung yang dapat dijangkau Mandzukic dan menaklukkan Keylor Navas untuk kedua kalinya.

Di babak kedua pasukan Max Allegri terus menekan pertahanan Real Madrid lewat serangan balik cepat, dan sebuah umpan panjang Douglas Costa ke jantung pertahanan gagal ditangkap sempurna oleh Navas sehingga membuat Matuidi yang datang dari blind spot berhasil menyambar bola masuk ke gawang. 3-0 Juventus memimpin untuk menyamakan agregat, tapi drama belum berakhir hingga 90 menit.

El Real mulai menunjukkan mental juara mereka jelang laga berakhir, beberapa peluang di dapat Ronaldo dan Lucas Vazquez namun masih dapat dihentikan Giorgio Chiellini dan kawan-kawan. Tapi Allegri telat mengantisipasi taktik serangan Madrid yang sengaja menekan terus dari kiri. Lewat tusukan yang dibangun Isco dari sektor kiri, bola tiba-tiba diberikan ke Toni Kroos yang segera mengalihkannya ke ruang kosong di kanan. Umpan Kroos disambut Ronaldo dengan kepala dan menuju ke Vazquez yang berdiri bebas di depan Buffon. Mehdi Benatia terpaksa menjatuhkan penyerang Spanyol itu dan membuat wasit langsung menunjuk titik putih.

Protes keras dari Buffon memaksa wasit Michael Oliver mengusir keluar kiper utama Juventus tersebut dan membuat Allegri mengganti Higuain untuk memasukkan penjaga gawang cadangan. Tapi sayang tendangan penalti Ronaldo ke pojok atas gawang tetap tidak dapat diselamatkan Szczesny dan Real Madrid sukses melangkah ke semifinal.

“Sangat berat mendapat penalti seperti itu,” ucap Allegri mencoba membela diri. “Tapi Juventus telah menunjukkan permainan yang gemilang,” tegasnya.

Selain Real Madrid satu tempat semifinal diisi oleh wakil Jerman, Bayern Muenchen yang unggul agregat 2-1 setelah bermain imbang 0-0 versus Sevilla di leg kedua. (GP)