Penyidik Bareskrim Ambil Alih Laporan Sukmawati Terkait Puisinya

Penyidik Bareskrim Ambil Alih Laporan Sukmawati Terkait Puisinya

SHNet, Jakarta – Sejak bergulir dan dibacakannya puisi ‘Ibu Indonesia’ oleh Sukmawati, Barekrim Mabes Polri akan mengambil alih laporan di setiap Polda. Hal ini ditegaskan oleh Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono di Mabes Polri, Kamis (19/4/2018).

“Kan ada laporan di beberapa wilayah. Dari semua persoalannya, sama nggak? Dari persoalan yang sama kita teliti, TKP-nya di mana? Kan nggak mungkin yang bersangkutan Sukmawati, kita periksa sana, periksa sini, semua,” kata Kabareskrim.

Kembali dikatakan Jenderal bintang tiga ini lagi, penyidik masih mempelajari kasus puisi Sukmawati berjudul ‘Ibu Indonesia’ ini. Selanjutnya Bareskrim akan menangani seluruh laporannya, agar mempermudah kerja penyidik.

“Masih kita laksanakan penyelidikan. Investigasi. Ini masih dipelajari. Nanti kemungkinan akan kita kumpulkan,” tutur Ari.

Seperti diwartakan sebwlumnya, puisi ini dibacakan Sukmawati dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. Puisi ini kemudian memicu kontroversi karena menyinggung soal azan dan cadar.

Sukmawati kemudian membantah puisinya bernuansa SARA, melainkan semata-mata murni sebagai karya sastra. Karena terus jadi polemik, dirinya kemudian menggelar jumpa pers dan meminta maaf. Dia juga menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai bukti ketulusan permintaan maaf. (MH)