Penempatan Tenaga Kerja Asing Dibatasi

Menuju Perluasan Lapangan Kerja

Penempatan Tenaga Kerja Asing Dibatasi

Jakarta, 13 April 1974 – Pemerintah dalam waktu yang dekat akan mengeluarkan peraturan pelaksanaan tentang tenaga kerja asing di Indonesia, demikian dinyatakan oleh Menteri Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Koperasi Prof. Subroto, Kamis siang selesai menemui Presiden Soeharto di jalan Cendana, Jakarta, bersama Ketua BKPM Barli Halim.

Menteri Subroto mengatakan bahwa peraturan yang akan dikeluarkan itu akan mencakup usaha peningkatan pemanfaatan tenaga kerja Indonesia dalam penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri.

Jumlahnya
Menjawab pertanyaan sekitar jumlah tenaga asing di Indonesia menurut Subroto sebenarnya setiap waktu berubah. Dewasa ini diperkirakan tenaga asing pemegang ijin kerja berjumlah 18.000 orang.

Ia membenarkan peraturan yang baru ini juga akan membatasi lapangan kerja yang dapat dikerjakan tenaga asing, bilamana lapangan kerja itu telah dapat dikerjakan oleh tenaga Indonesia.

Kehutanan
Pembatasan lapangan kerja ini dikatakan akan dimulai pada sektor Kehutanan sebab dari 18.000 tenaga asing tersebut 7.000 diantaranya adalah pada sektor Kehutanan. Secara bertahap kemudian akan dibatasi pada sektor lain.

Subroto selanjutnya mengatakan walaupun pembatasan ini akan berlangsung terus tapi masih akan ada lowongan kerja bagi tenaga asing seperti yang menyangkut soal kepercayaan yang berhubungan dengan penguasaan modal.
Karena modalnya adalah modalnya dia. Kata Subroto, kecuali kalau Joint. (SH)