Pemberantasan Korupsi Menjadi Tema Debat Kedua Calon Gubernur NTT

Pemberantasan Korupsi Menjadi Tema Debat Kedua Calon Gubernur NTT

SHNet, KUPANG-Penataan
birokrasi dan pemberantasan korupsi diangkat menjadi tema debat terbuka putaran kedua calon gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan digelar di Jakarta 8 Mei 2018.

Sebelumnya debat pertama mengangkat tema pembangunan ekonomi dan infrastruktur yang disiarkan secara langsung INews TV di Jakarta pada 5 April 2018 malam.

“Debat pertama temanya pembangunan ekonomi dan infrastruktur, kedua adalah penataan birokrasi dan pemberantasan korupsi, sementara debat ketiga adalah pendikan dan kesehatan,” kata juru bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Yosafat Koli di Kupang, Senin (9/4/2018).

Dalam debat terbuka pertama, KPU NTT menunjuk tiga panelis yakni Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Fredrik Lukas Benu, dosen Univesitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, Frits Oscar Fanggidae, dan seorang dari kalangan profesional, Theodorus Widodo. Sedangkan moderator adalah presenter Tina Talisa.

Disinggung tentang usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT agar debat dilaksanakan di Kupang, Yosafat menegaskan proses itu diatur dalam pengadaan barang dan jasa yang masuk kategori adendum.

“Proses seperti itu dalam aturan pengadaan barang dan jasa masuk kategori adendum, maka memindahkan atau tidak kita kaji dari aspek tersebut. Sedang dalam kajian tim pengadaan,” ujarnya.

Sementara itu, mengenai iklan poling melalui twitter dan latar studio tempat siaran langsung debat pertama, Yosafat menjelaskan, hal itu bukan permintaan dari penyelenggara dalam hal ini KPU NTT.

“Iklan poling bukan dari penyelenggara dan kami tidak tahu menahu soal itu, setelah beberapa saat ditayang kami komplain untuk tidak ditayang. Sedangkan latar studio, itu pertimbangan broadcast dan teknis pertelevisian,” jelas Yosafat.

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat-Joseph Nae Soi (Victory-Joss) unggul melalui poling twitter saat debat terbuka pertama yang disiarkan langsung INews TV di Jakarta, Kamis (5/4/2018) malam.

Victory-Joss menyabet poin 41 persen disusul pasangan Benny K. Harman-Benny Litelnoni (Harmoni) dengan poin 31 persen. Pasangan Marianus Sae-Emilia Nomleni (MS-Emi) 19 persen dan Esthon L. Foenay-Christian Rotok (Esthon-Christ) 11 persen. Warga yang ikut poling sebanyak 1.363 orang.(Dis Amalo)