Masyarakat Desa Juga Berhak Manfaatkan Internet

Masyarakat Desa Juga Berhak Manfaatkan Internet

Lokasi Wisata Patih Mambang, Desa Kraya, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah yang belum banyak digarap sebagai oyek wisata saat ini

SHNet, SUKAMARA – Dunia berubah sangat cepat. Informasi mudah menyebar. Orang berlomba-lomba menembus sekat-sekat yang sebelumnya pernah ada.

Berlomba-lomba orang membagikan apa yang ia lakukan, apa yang ia makan, di mana ia berada, dengan siapa ia jalan dan sebagainya. Aktivitas seseorang seakan penting untuk diketahui oleh orang lain. Tidak cuma dengan kata-kata memberitahukannya, tetapi dengan gambar.

Tidak ada lagi masalah jarak dan waktu. Semuanya menyatu. Orang makin terintegrasi dengan yang lainnya. Tidak banyak terpisah.

Pelatihan jurnalistik terhadap aparatur desa se-Kabupaten Sukamara oleh SHNet di Sukamara, Kalimantan Tengah

Hal itu tidak hanya dinikmati oleh masyarakat perkotaan. Masyarakat desa juga tak ingin ketinggalan dalam perubahan itu. Perubahan tak bisa dilawan, kecuali diadaptasi.

“Kita juga bagian dari dunia yang terus berubah,” kata Syahrul, seorang sekretaris desa di Kabupaten Sukamara beberapa waktu lalu. Itu pulalah yang menyebabkan dirinya antusias mengikuti pelatihan penulisan jurnalistik yang dilakukan SHNet.

Pelatihan penulisan oleh SHNet terhadap aparat desa se-Kabupaten Sukamara memang dimaksudkan agar aparat desa mempromosikan potensi desanya melalui internet. Banyak potensi desa yang belum tergarap dengan baik karena belum memanfaatkan perkembangan internet dengan baik.

Tutut Herlina dari SHNet mengatakan pelatihan tersebut tidak dimaksudkan agar para aparat desa bisa menulis seperti jurnalis profesional. Sebaliknya, hanya mengajak aparat desa untuk sama-sama melawan informasi bohong (hoax) dengan membagikan informasi desanya yang berguna bagi masyarakat luas.

“Memanfaatkan internet dengan mempromosikan potensi desa jauh lebih menguntungkan dibandingkan membagikan informasi hoax melalui laman facebook, instagram dan media sosial lainnya,” kata Tutut Herlina.

SHNet memang memberi kesempatan kepada aparat desa yang ingin mempromosikan potensi desanya untuk dipublikasi di www.sinarharapan.net. SHNet juga menyediakan layanan lainnya terkait dengan upaya pengembangan potensi desa. (IJ)