Komunis Akan Lanjutkan Perang Gerilya Di Kalimantan

Disiarkan Melalui Peking

Komunis Akan Lanjutkan Perang Gerilya Di Kalimantan

Jakarta, 9 April 1974 – Seorang pemimpin Partai Komunis Kalimantan Utara yang terlarang mengatakan “Kami akan melanjutkan perjuangan dengan senjata api sebagai bentuk utama perjuangan dan tetap bertahan serta mengembangkan perang gerilya di daerah pedalaman yang luas”, demikian dilaporkan sebuah stasiun radio di Peking hari Selasa.

Kantor berita Hsinhua, dalam suatu siaran yang dimonitor di Tokyo mengatakan pernyataan itu dikeluarkan oleh Weng Ming Chuan, Ketua Komite Sentral Partai Komunis Kalimantan Utara (PKKU).

“Kami akan terus menyebarkan gerakan massa di kota-kota dan desa-desa melakukan pekerjaan propaganda dan organisator, mengumpulkan kekuatan dan menunggu saat yang baik bagi kita”, demikian ia dikutip sebagai mengatakan.

Kantor berita RRC itu mengatakan pernyataan Wen disiarkan tanggal 30 Maret oleh “Suara Revolusi Malaysia” yang dikeluarkan pada tanggal 9 Maret mengenai apa yang disebutkannya “menyerahnya beberapa pemimpin tertentu dari Pasukan Tentara Rakyat Kalimantan Utara (PARAKU) baru-baru ini kepada musuh”.
Wen mengatakan “pengkhianatan ini sudah tentu hal yang buruk tetapi masih mempunyai segi yang baik”.

Partai dan angkatan bersenjata kita telah menjadi lebih murni dan lebih terpercaya sekalipun terjadi pengurangan dalam jumlah setelah insiden ini, ia mengatakan yang dimaksudkannya adalah menyerahnya pimpinan pasukan PARAKU beserta ratusan anak buahnya baru-baru ini.

Demikian dilaporkan kantor berita Associated Press dari Tokyo. (SH/AP)