Kesadaran Pajak Bagi UKM, Sangatlah Penting

Kesadaran Pajak Bagi UKM, Sangatlah Penting

SHNet, Jakarta – Puluhan pengusaha menengah (UKM) Bekasi yang sejak Selasa (2/4/2018) pagi sudah memadati foodcourt di salah satu mall di Bekasi, untuk mendengarkan mengenai arti wajib pajak bagi para UKM.

Menurut Boy Jack Yohanes dari kantor konsultan pajak PT Quantum Prima Konsultama mengatakan,penetapan pajak bagi para UKM ditujukan sebagai startegi kesadaran akan taat pajak.

“Namun, mereka para peserta ini belum mengerti bagaimana cara melakukan pembayaran pajak dari usahanya tersebut. Untuk itu, kami yang kini akan menjelaskan kepada mereka mengenai pajak,” ujar Boy Jack Yohanes selaku Consultant Pajak kepada SHNet, Selasa (2/4/2018).

Udara panas di dalam gedung perbelanjaan tersebut, tidak mengindahkan keingintauan para UKM mengenai taat pajak. Dari penjelasan yang dilakukan oleh kantor konsultan pajak ini, para UKM yang berada di Bekasi baru mengetahui apabila mereka hanya diharuskan membayar 1% saja untuk mambayar pajak.

Menurut Boy Jack, para UKM ini hanya dibutuhkan mebayar pajak dari hasil pendapatannya sebesar 1% saja setiap tahunnya. Dan PT Quantum Prima Konsultama ini, kata Boy lagi akan membantu menghitung pajak secara otomatis.

” Dan bajar pajak ini kini tidak harua dikantor pajak, cukup melalui online saja. Untuk itu bagi para UKM yang tidak bisa menghitung untuk berapa haris membajar pajak, kami bersedia membantunya dan itu memang tugas kami,” ujar Boy lagi.

” Yang jelas, bila ada masalah dengan pajak, kami siap membantu boleh datang kekantor kami atau boleh panggil kami. Tidak itu saja, tapi ada kemasalah dengan accountingnya, kamipun siap membantu,” paparnya lagi.

Dalam pertemuan dengan para UKM Bekasi, Boy mengatasnamakan perusahaan PT Quantum Prima Konsultama (QPK) kembali menjelaskan, bahwa para pengusaha menengah kebawah khususnya usaha keliling tidak diharuskan untuk membayar pajak.

” Sedangkan usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif, yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha inilah yang diharuskan untuk membayar pajak. Jadi, harua dibesakan mana usaha produktif dan mana usaha keliling,” jelasnya lagi.

Seperti diketahui PT Quantum Prima Konsultama yang lerletak di Jalan Kaji No 32 Petojo Utara, Gambit- Jakarta Pusat, siap membantu siapa saja yang ingin mengenal.lebih dwkat dengan pajak. Tidak itu saja, namun.kantor konsultan.pajak ini juga, akan membantu aspek perpajakan usaha masyarakat sesuai dengan peraturan perpajakan terkini.

“Sehingga pada akhirnya, masyarakat luas yang kurang kenal dengan pajak bisa lebih fokus pada usaha yang tengah digelutinya tanpa harus takut akan masalah pajak. Jadi, jangan takut untuk taat pajak,” kata Boy Jack lagi. (MH)