Kegiatan Komunis Akan Meningkat Di Kalimantan

Kegiatan Komunis Akan Meningkat Di Kalimantan

Operasi Dialihkan Ke Sektor Barat

Jakarta, 10 April 1973 – Kegiatan gerombolan komunis di daerah perbatasan Serawak (Malaysia Timur) dan Kalimantan Barat (Indonesia) kemungkinan akan meningkat dan untuk ini telah direncanakan usaha penghancuran bersama antara pihak Kodam XII/Tanjungpura dengan Brigade ke-3 Malaysia (3-Bim) maupun Komando Keamanan Daerah Rejang (Rascom).

Demikian kesimpulan yang dicapai di dalam Rapat Koordinasi Perbatasan ke-50 antara 3-Bim dengan Kodam XII/Tanjungpura di Pontianak baru-baru ini.

Rombongan 3-Bim dipimpin oleh Brigjen M. Hasan da rombongan Kodam XII/Tanjungpura dipimpin oleh Mayjen Drs. Soemadi yang disertai 23 perwira lainnya. Dalam rapat tersebut juga hadir Panglima Rascom Brigjen Jamil yang didampingi oleh 15 perwira lainnya.

Beralih ke sektor Barat
Menurut Panglima Brigade ke-3 Brigjen M. Hasan sejak bulan September 1972 yang lalu di kawasan daerah operasinya tidak terjadi insiden dengan pihak gerombolan.
Mengenai hasil operasi akhir-akhir ini telah dapat menawan 9 orang musuh, tambahnya.

Sementara itu Panglima Soemadi menjelaskan, hasil operasi perbatasan yang sekarang dialihkan ke sektor Barat, yang menonjol pada sekitar Februari dan Maret dan koordinasi operasi kedua pihak ternyata lebih baik dari sebelumnya dan memuaskan baik dalam hal tekhnik maupun taktik Mobility operasi yang memerlukan pengangkutan udara banyak mendapat bantuan dari pihak Malaysia dan kerjasama tersebut saling bergantian dilakukan.

Dikawasan perbatasan Kalbar telah banyak ditemukan dokumen musuh yang penting. (SH/Ant)