Google Mulai Uji ‘Wi-Fi Calling’ di Voice

Google Mulai Uji ‘Wi-Fi Calling’ di Voice

ilustrasi / ist

SHNet, Menlo Park – Google akhirnya jadi menambahkan layanan ‘WiFi Calling’ pada aplikasi Google Voice setelah bertahun-tahun diperbarui dan perusahaan tersebut mulai melepasnya ke para pengguna untuk menguji aplikasi itu sekarang. Fitur program dan versi beta-nya telah diumumkan kemarin (5/6) pagi waktu setempat.

Dengan Google Voice WiFi Calling, Google mengatakan bahwa hal itu akan memungkinkan para penggunanya mengurangi biaya roaming, saat melakukan telepon bahkan ketika Anda tidak memiliki layanan seluler yang baik karena telepon terkoneksi melalui WiFi, dan dapat melakukan panggilan dari hampir semua perangkat, bukan hanya pesawat telepon.

Saat ini, jika Anda mencoba dan melakukan panggilan Google Voice dari situs web, aplikasi tersebut akan menanyakan kepada Anda telepon mana yang ingin Anda tuju sebelum memulai melalui telepon itu. Dan seterusnya, Anda akan dapat membuat ‘WiFi Calling’ di Google Voice lewat Chrome.

Google Voice adalah layanan yang sangat populer ketika diluncurkan lebih dari sembilan tahun yang lalu, tetapi aplikasi yang dulu bernama GrandCentral itu dengan cepat kehilangan peminat. Setelah bertahun-tahun diabaikan, kini Google kembali bekerja untuk meningkatkan Google Voice dengan memperbarui aplikasinya dan meluncurkan fitur baru. Salah satu fitur yang ditunggu-tunggu baru saja memasuki pengujian. Pengguna Voice sekarang dapat mendaftar untuk mendapatkan akses ke Wi-Fi dan panggilan melalui data seluler. Namun ada beberapa peringatan substansial.

Berbasiskan VoIP, pada dasarnya layanan ini secara otomatis mampu mentransformasikan pesan suara menjadi surel atau pesan teks SMS dan menyediakan transkrip pada pesan masuk surel pengguna pada telepon seluler atau komputer. Voice over Internet Protocol adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Itu salah satu hal yang membuat aplikasi ini dulunya sangat menarik ketika pertama diluncurkan. Pengguna dapat mendaftar dan mendapatkan nomor telepon yang bertindak seperti nomor telepon asli. Telepon Anda pada dasarnya akan tersambung ke sistem Google, dan orang di ujung sana hanya akan melihat nomor Google Voice Anda. Hal itu adalah sesuatu yang ajaib di tahun 2009, tapi undangan untuk melakukan Voice sangat terbatas.

Google mulai memperbarui Voice lagi tahun lalu setelah bertahun-tahun mengabaikannya. Situs web dan aplikasi kemudian mendapatkan penampilan baru, dan fitur-fitur baru juga ditambahkan secara teratur. Langkah terbaru untuk menambahkan dukungan VoIP adalah dengan menghadirkan kemampuan baru bagi Voice dan membantu menguraikan beberapa layanan Google lainnya.

Jika Anda ingin mencoba fitur panggilan data baru, Anda dapat mendaftar menjadi penguji sekarang. Google akan memberi tahu semua orang saat fitur ini ditayangkan.

Menggunakan telepon Google Voice melalui jaringan data berarti user dapat menghindari biaya roaming saat bepergian ke luar negeri. Anda juga dapat melakukan panggilan melalui Wi-Fi ketika HP Anda sedang memiliki layanan seluler yang buruk. Panggilan tersebut akan berfungsi juga lewat interface / antarmuka web di Chrome. Manfaat ini akan akrab bagi siapa saja yang telah menggunakan layanan VoIP lain di masa lalu. Namun, Google Voice masih memiliki nomor telepon biasa yang terpasang.

Sebelumnya, pengguna dapat melakukan panggilan VoIP dengan nomor Voice mereka melalui Hangouts. Tapi Google telah secara bertahap menurunkan fitur dari Hangouts karena mengalihkannya ke alat komunikasi yang berorientasi bisnis. Aplikasi obrolan konsumen yang baru adalah Allo, yang tidak terintegrasi dengan Voice.

Untuk melakukan panggilan VoIP dengan Voice, Anda harus menggunakan aplikasi Voice di ponsel Anda. Namun perangkat ‘dialer‘ telepon tidak dapat memilih nomor-nomor yang tertera seperti yang dapat dilakukan dengan panggilan suara berbasis telepon biasa. Selain itu Google juga mengingatkan bahwa panggilan seperti 911 tidak akan berfungsi jika menggunakan jaringan data Voice sekarang. User tetap harus menggunakan dialer telepon biasa untuk melakukan itu. (HNP)