Empat Warga Kota Kupang Positif TBC

Empat Warga Kota Kupang Positif TBC

 

SHNet, KUPANG-Petugas Puskesmas Manutapen Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui gerakan ‘Ketuk Pintu’ menemukan empat warga di wilayah itu menderita Tubercolusis (TBC).

Kepala Puskesmas Manutapen, Drg.Hariyono yang ditemui di Kupang, Senin (25/4/20018) mengatakan, gerakan ketuk pintu dibuat Pemerintah Kota Kupang untuk mengetahui penderita TBC.

“Puskesmas Manutapen melakukan gerakan ketuk pintu ke 856 rumah warga Manutapen,” kata Hariyono.

Melalui gerakan ketuk pintu itu para kader dan tenaga kesehatan Puskesmas menemukan 29 orang yang suspek atau mengalami gejala TBC.

Dikatakan, dari 29 yang suspek tersebut saat dilakukan pemeriksaan lanjutan ditemukan empat orang positif terinfeksi TBC.

Mengenai pemeriksaan, Hariyono mengatakan, ada dua tahapan yang dilakukan untuk mengetahui seseorang positif terinfeksi TBC, yakni pertama melalui pemeriksaan dahak dan yang kedua adalah dirongseng. Dan melalui hasil pemeriksaan dahak ditemukan dua orang positif TBC.

Sedangkan untuk dua orang lainnya, hasil pemeriksaan dahak tidak ditemukan TBC, sehingga dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan rongseng dimana hasilnya terdapat bercak-bercak pada paru-parunya sehingga dinyatakan positif TBC.

“Mereka yang positif TBC ini terdiri dari tiga orang pasien laki-laki dan satu pasien perempuan. Saat ini mereka sedang mendapat perawatan insentif di Puskesmas,” jelas Hariyono.

Ia menambahkan, penderita TBC harus minum obat secara rutin selama emam bulan. Untuk itu dibutuhkan peran semua pihak seperti keluarga, tetangga dan sobat terdekat untuk mengingatkan penderita TBC agar rajin mengkonsumsi obat sehingga bisa cepat sembuh.(DA)