Deklarasi PWO Independen diikuti Perwakilan Wartawan dari 27 Provinsi

Deklarasi PWO Independen diikuti Perwakilan Wartawan dari 27 Provinsi

MENDEKLARASIKAN - Ratusan wartawan mendeklarasikan PWO Independen di Hotel Dirga, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/4). (Dok/SHNet)

SHNet, CISARUA – Sekitar 200-an wartawan online dari berbagai provinsi di Indonesia mendeklarasikan Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Independen sebagai wadah perkumpulan para wartawan online se-Indonesia.

Acara yang digelar di Hotel Dirga, Cibulan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Minggu (8/4) berjalan sukses dengan support dari para wartawan online se-Indonesia.

Mayjen TNI (Purn) Hendardjie Soepandji yang merupakan Ketua Dewan Panasehat Ikatan Penulis & Jurnalis Indonesia (IPJI) juga hadir sebagai deklarator. Turut memberi dukungan dengan hadir langsung di lokasi, Ketua Umum IPJI, Taufiq Rachman dan Ketua Barisan Peduli Anti Narkotika (BPAN), Bunda Rika.

Marnala Manurung sebagai inisiator dan juga Plt Ketua Umum PWO Independen dalam sambutannya mengatakan kalau tujuan deklarasi sebagai wadah berhimpunnya seluruh wartawan online di seluruh pelosok negeri ini.

“Marilah kita semua saling bergandengan tangan meningkatkan kemampuan, menjalankan kode etik dan berkomitmen untuk diri sendiri agar tak membuat berita tak benar sehingga dapat menimbulkan hoax, tapi sebarkanlah berita kebenaran dan pengetahuan kepada para pembaca di seluruh tanah air,” kata Marnala yang akrab disapa Nala ini.

Marnala juga mengatakan kalau hingga saat ini wartawan online yang sudah menyatakan siap bergabung dari 27 provinsi di Indonesia.

Mayjen TNI (Purn) Hendardjie Soepandji sebagai Deklarator PWO Independen saat memberikan sambutan. (SHNet/Nonnie Rering)

“PWO Independen bertekad mewujudkan kedaulatan wartawan online dalam rangka mengembangkan Kehidupan Demokrasi, Keadilan, Hukum, dan Hak Azasi Manusia. PWO Independen juga sebagai organisasi wartawan online yang punya tanggungjawab serta profesionalisme yang tinggi, taat pada konstitusi dan setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” jelas pimpinan salah satu media online terkemuka ini.

Hendardjie dalam sambutannya mengatakan kalau profesi wartawan adalah profesi yang sangat mulia dan dilindungi Undang-Undang tentang Pers.

“Saat ini informasi begitu cepat dan mau tak mau, suka tak suka penyebaran informasi sudah memasuki era digital native. Saya mengapresiasi pencetus PWO Independen ini. Saya juga sangat bangga terhadap para wartawan dari seluruh provinsi yang telah hadir dalam Deklarasi PWO Independen ini,” kata Hendardjie.

Menurutnya, melalui Deklarasi ini, ada harapan dan tanggungjawab besar bagi wartawan untuk terus meningkatkan kemampuan, menjunjung tinggi kode etik jurnalistik serta berkomitmen terhadap berita yang dibuatnya.

“Harapan saya, PWO Independen dapat menjadi garda terdepan dalam menyajikan berita dan menginformasikan kepada publik dengan data dan fakta bukan berita dari yang katanya atau kabarnya,” ungkap Hendardjie menutup sambutannya.   (Nonnie Rering)