‘Update’ Windows 10 Mendatang Terutama akan Hadirkan Platform AI Khusus bagi Pengembang

‘Update’ Windows 10 Mendatang Terutama akan Hadirkan Platform AI Khusus bagi Pengembang

ilustrasi / theverge.com

SHNet, Redmond – Microsoft nampaknya tertarik untuk menggebrak sesuatu hingga jauh dengan Artificial Intelligence (AI) sebagai sasaran pengembangan mereka. Dalam postingan di blog perusahaan tersebut, Microsoft mengatakan “update besar” berikutnya untuk Windows 10 akan hadir dengan platform AI khusus untuk para pengembang.

Untuk jelasnya, memanfaatkan AI bukanlah hal baru bagi Microsoft. Perusahaan ini telah menggunakan pembelajaran mesin sebagai sebuah layanan seperti yang terdapat pada Windows Hello dan Office 365. Namun, platform AI yang berorientasi pengembang dapat menghasilkan beberapa peningkatan yang cukup signifikan bagi banyak aplikasi Windows pihak ketiga.

Platform AI baru ini, yang beri kode “Windows ML,” akan memungkinkan pengembang memanfaatkan sumber daya PC pengguna untuk melakukan tugas pemrosesan AI, mengurangi atau, dalam beberapa kasus, menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan solusi pemrosesan cloud / awan yang berpotensi mahal. Menurut Microsoft, platform ini akan mendukung format ONNX “industri standar” untuk model pembelajaran mesin, yakni format “yang didorong oleh Microsoft, Facebook, serta Amazon Web Services.”

Selain mengurangi biaya operasional, platform ML yang akan datang memungkinkan pemrosesan AI yang jauh lebih cepat dan lebih rendah. Seperti yang dikatakan Microsoft di posting blog tersebut, “Hasil dapat disampaikan dengan cepat dan efisien untuk digunakan dalam beban kerja yang padat pada kinerja seperti mesin permainan, atau tugas latar belakang seperti pengindeksan untuk penelusuran.”

Pengembang juga akan dapat menggunakan beberapa sistem pembelajaran mesin pre-created Microsoft untuk mempercepat tugas umum AI, yang selanjutnya memberikan kontribusi terhadap pengurangan biaya pengembangan di atas.

Meski platform baru ini terdengar bagus bagi pengembang, namun Microsoft tidak menerapkannya sendiri. Nvidia, Qualcomm dan AMD hanyalah beberapa nama dari perusahaan yang bekerja sama dengan Microsoft untuk membuat platform ini menjadi kenyataan.

“Kami senang bisa berkolaborasi dengan Microsoft di platform Windows ML, dan membantu pengembang mempercepat kinerja AI pada perangkat di laptop Windows dengan Mesin AI Snapdragon 835,” kata Gary Brotman, Direktur Manajemen Produk Qualcomm di divisi Machine Learning perusahaan.

Dari perspektif konsumen, platform Windows ML secara teoritis akan mengarah pada aplikasi pihak ketiga yang lebih cepat dan “lebih cerdas”. Misalnya, aplikasi musik bertenaga AI bisa lebih cepat dan efisien membuat daftar putar yang disesuaikan untuk Anda dengarkan sementara perangkat lunak video streaming dapat menyarankan konten yang lebih relevan dari biasanya.

Microsoft sendiri belum mengumumkan tanggal peluncuran resmi untuk update yang akan datang ini, walaupun demikian, pengembang mungkin harus menunggu beberapa saat untuk memanfaatkan alat AI baru ini. (HNP)