Terhindar dari Penipuan, Ikuti Cara Inhil Arjuna Wisata

Terhindar dari Penipuan, Ikuti Cara Inhil Arjuna Wisata

Peluncuran logo baru Inhil Arjuna Wisata, di Jakarta, Minggu (25/3). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Kasus calon jamaah yang tertipu oleh biro perjalanan sehingga mereka batal umroh atau terlantar saat di tanah suci, memang kerap terjadi. Untuk itu, masyarakat harus mengantisipasinya sejak awal.

Direktur PT Inhil Arjuna Wisata Zahrini Mahdi mengatakan, sebelum kasus penipuan umroh booming di media, biro perjalanan umroh dan haji ini sudah memberikan edukasi ke beberapa kota di Indonesia seperti Tasikmalaya, Garut, Palembang, Depok, Bogor, Banyuwangi dan sebagainya.

“Kami turun ke pengajian-pengajian untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya calon jamaah agar mereka paham dan terhindar dari penipuan.,” kata Zahrini Mahdi, disela-sela peluncuran logo baru dan reuni akbar jamaah Inhil Arjuna Wisata di Jakarta, Minggu (25/3).

Dikatakannya, tindakan pencegahan harus dilakukan oleh calon jamaah umrah sendiri. “Pertama selidiki perizinan dari biro travel yang dituju. Sudah terdaftar di Kemenag atau belum, kan bisa dicek di aplikasi Umrah Pintar milik Kemenag,” kata perempuan yang akrab disapa Rini itu.

Setelah dicek perizinannya, lanjut dia, masyarakat juga wajib menyelidiki kapan terakhir travel tersebut memberangkatkan jamaah umroh. “Terpenting sebelum mendaftar harus memastikan kapan jadwal keberangkatan umrohnya,” saran Rini.

Dia mengatakan, di Inhil Arjuna Wisata, yang pertama dilakukan calon jamaah, bukan bayar DP, tetapi mereka menentukan dulu tanggal keberangkatan. Setelah tahu tanggal keberangkatan, barulah mereka bayar DP.

Selain itu, calon jamaah umrah harus menanyakan kapan visanya keluar. Lalu bagaimana dengan fasilitas hotelnya, apakah sudah terpesan. Begitu juga dengan tiket pesawat pergi pulang.

“Bila perlu masyarakat langsung mengecek ke hotel yang disebutkan perusahaan travel itu. Pertanyaan-pertanyaan ini wajib rutin ditanyakan sebelum keberangkatan,” paparnya. (Stevani Elisabeth)