Kodam V Punya Tanggung Jawab Besar Bina Keamanan Ibukota

KASAD Jenderal Umar Tegaskan :

Kodam V Punya Tanggung Jawab Besar Bina Keamanan Ibukota

Jakarta, 23 Maret 1970 – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Umar Wirahadikusumah telah bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara serah terima Panglima Kodam V/Jaya dari pejabat lama Mayjen Makmun Murod kepada penggantinya Mayjen Poniman yang berlangsung hari Senin pagi di lapangan parkir Timur Gelora Senayan, Jakarta.

KASAD dalam pidato sambutannya antara lain menyatakan bahwa Kodam V/Jaya sebagai aparatur Hankam, mengingat letak wilayah wewenangnya mempunyai tanggung jawab besar, bertugas menegakkan serta membina keamanan dan ketertiban di daerah Ibukota, terutama sesudah terjadinya pengkhianatan G30S/PKI dimana rakyat di daerah mengarah pandangannya ke Ibukota untuk mendapatkan contoh dan pimpinan tentang kehidupan dan pembangunan orde baru.

Selanjutnya KASAD menandaskan bahwa kita harus selalu berpandangan terhadap orde baru sebagai sikap mental, yaitu sikap mental yang bertolak dan mengamalkan Pancasila, UUD 45 serta kesejahteraan jasmani dan rohani. Sebaliknya sisa-sisa G30S/PKI beserta gerakan subversif lainnya selalu akan berusaha agar rakyat Ibukota termasuk ABRI-nya tidak berhasil membina mental orde baru. “inilah yang merupakan tantangan yang dihadapi oleh setiap petugas Ibukota umumnya dan Kodam V/Jaya khususnya”. (SH)