Jokowi Ingin Kekurangan Kru Film di Indonesia Segera diisi

Jokowi Ingin Kekurangan Kru Film di Indonesia Segera diisi

NONTON - Presiden Jokowi berpose dengan sejumlah penonton dan artis termasuk Sissy Priscillia usai nonton 'Yowis Ben' di kawasan Cinemaxx Matos, di Malang pada Rabu (28/3) malam. (Dok/SHNet)

SHNet, JAKARTA –  Presiden RI Joko Widodo menyempatkan waktunya menonton film ‘Yowis Ben’ di kawasan Cinemaxx Malang Town Square (Matos), di Malang pada Rabu (28/3) malam.

Usai menonton film itu, Jokowi menyatakan puas. Tapi, ada yang masih mengganjal di hatinya. Menurutnya, industri film yang tumbuh di Indonesia, perkembangannya sudah sangat baik. Sayang, itu tak dibarengi dengan jumlah kru film yang ada.

Ia melihat kru film di Indonesia masih sangat kurang dan berharap kekurangan itu segera diisi. “Saya banyak berbincang dan mendengar kabar kalau pembuatan film ini kekurangan kru. Kru film kurang itu sesuatu yang bagus, artinya lapangan pekerjaan masih terbuka dan kekurangan-kekurangan yang ada harus segera kita isi,” kata Jokowi usai nonton film Yowis Ben sambil berfoto-foto dengan sejumlah penonton dan juga beberapa artis seperti Sissy Priscillia.

Presiden mengatakan kalau, kurangnya kru film itu justru dapat membuka lapangan pekerjaan. Kekosongan itu harus segera diisi, salah satunya melalui tenaga trampil yang dihasilkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Jurusan yang berhubungan dengan perfilman itu ada sekitar 120 SMK, tapi baru diperbaiki atau direvitalisasi 18 SMK. Perlu perbaikan sarana prasarana, guru-guru yang ada juga di update. Sehingga kekurangan kru film ini betul-betul kita diisi,” katanya.

Guna mempercepat revitalisasi SMK, Jokowi juga sudah menginstruksikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, untuk segera menyelesaikannya.

Presiden Jokowi dalam acara ini didampingi antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Juga hadir beberapa pemeran film Yowis Ben, antara lain Bayu Skak, Brandon Salim, dan Devina Aureel dan juga beberapa artis sinetron dan film.

Kehadiran Presiden di Matos sempat membuat pengunjung mal histeris. Ratusan pengunjung berebut hanya untuk bersalaman dan berfoto dengan orang nomor satu di Indonesia ini sejak ia masih di pintu masuk mal hingga ke bioskop.  (Nonnie Rering)