Hari TBC Sedunia di peringati di Pusat Kebudayaan AS @america

Hari TBC Sedunia di peringati di Pusat Kebudayaan AS @america

MEMICU - Tujuh film terbaik yang berpotensi memicu perubahan dalam pencegahan dan pengobatan TBC telah terpilih oleh juri dan menerima hadiah berupa sejumah uang dari bank UOB. (Repro)

SHNet, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia yang jatuh pada 24 Maret lalu, dan bermitra dengan Kementerian Kesehatan, Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Yayasan KNCV Indonesia, BRI (Bank Rakyat Indonesia), dan UOB Indonesia, Pemerintah AS, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), menggelar pemutaran tujuh film pendek yang dibuat oleh siswa/i sekolah menengah atas tentang Tuberkulosis.

Setelah pemutaran film, juga dilakukan diskusi dengan pembuat film Lexy Rambadeta, yang berbicara tentang kiat-kiat menyampaikan pesan-pesan pendidikan melalui film.

Pemutaran film pendek itu dilakukan di @america, pusat kebudayaan AS di bawah Kedutaan Besar AS di Jakarta. Band musik populer Hivi! pun ikut memeriahkan acara itu.

 Setelah mengikuti lokakarya yang diselenggarakan oleh USAID TB Challenge tentang pembuatan film dengan tujuan pendidikan di tiga lokasi selama tahun 2017 dan 2018, para siswa/i sekolah menengah atas dari tiga provinsi (DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Papua) menghasilkan 21 film pendek untuk mengubah perilaku bagaimana memperlakukan mereka yang terkena TBC.

Para juri menyeleksi tujuh film terbaik yang berpotensi memicu perubahan dalam pencegahan dan pengobatan TBC. Kementerian Kesehatan juga sudah mengumumkan empat film terbaik itu di akhir pekan dan pemenang menerima total 34,5 juta rupiah dalam bentuk hadiah dari UOB Indonesia.  (Nonnie Rering)