Facebook Tambahkan Opsi untuk Menghapus Data ke Aplikasi Ponsel

Facebook Tambahkan Opsi untuk Menghapus Data ke Aplikasi Ponsel

ilustrasi / ist

SHNet, California – Dalam beberapa pekan terakhir ini Facebook telah menjadi sorotan karena ikut terbawa arus skandal yang dilakukan Cambridge Analytica. Hal tersebut membuat saham perusahaab tersebut terus menurun, dan para pengiklannya telah menarik diri, diikuti penyelidikan dari Federal Trade Commission.Tidak hanya itu, peramban Mozilla telah membuat sebuah extension untuk menempatkan akun Facebook Anda menjadi terisolasi, dan hal-hal yang berada dalam kendali kerusakan tampak kehilangan kontrol terhadap apa yang harus dilakukan.

Awalnya Facebook mencoba untuk membangun cerita dengan berdalih bahwa “itu salahmu”, dan mengklaim para pengguna / users selalu memiliki “alat” yang sudah disediakan untuk melindungi data mereka, tetapi tetap tidak (mau) menggunakannya. Namun ketika melihat kondisi bahwa cerita tersebut tidak akan menolong, Mark Zuckerberg secara pribadi mencoba melontarkan permintaan maaf dan mengakui bertanggung jawab atas kegagalan tersebut.

Raksasa media sosial itu kini sedang berjuang melawan gerakan #DeleteFacebook, dimulai dari pendiri WhatsApp, Brian Acton yang diikuti beberapa selebriti dan perusahaan ternama yang sudah menghapus akun Facebook mereka termasuk Cher, SpaceX, Tesla, dan bahkan Playboy.

Kemarin sore (28/3) Facebook telah mengumumkan akan mempermudah menemukan “alat/ tool” guna mengamankan akun para penggunanya dan menambahkan cara untuk menghapus data yang dimiliki masing-masing user.

Dalam postingan blog berjudul “It’s Time to Make Our Privacy Tools Easier to Find,” perusahaan itu “mengingatkan” para pengguna cara melakukan hal-hal seperti mengamankan akun mereka, mengontrol informasi pribadi, memilih iklan mana yang ditampilkan, dan mengelola siapa yang dapat melihat posting-posting mereka serta profil.

“Minggu lalu menunjukkan seberapa banyak pekerjaan yang harus kami lakukan untuk menegakkan kebijakan kami dan membantu orang-orang memahami bagaimana cara kerja Facebook dan pilihan yang mereka miliki atas data mereka,” tulis postingan tersebut. “Kami telah mendengar dengan seksama dan jelas bahwa pengaturan privasi serta alat/ tools penting lainnya terlalu sulit untuk ditemukan dan bahwa kami harus berbuat lebih banyak untuk membuat orang tetap mendapat informasi,” lanjut pernyataan di blog itu.

Dimulai dengan aplikasi telepon seluler, pengembang kemudian membuat pengaturan keseluruhan lebih mudah ditemukan dan digunakan. Sebelumnya berbagai pengaturan terdapat pada 20 tampilan layar yang berbeda. Sekarang pengaturan tersebut akan dapat diakses dari satu halaman.

Mengenai pengaturan privasi khusus, tool itu menerapkan menu “Privasi Shortcuts”. Dari sana, pengguna akan dapat menemukan penjelasan yang akurat tentang cara kerja kontrol privasi dan akan dapat memperketat keamanan data mereka hanya dengan beberapa klik.

Facebook kemudian juga menambahkan alat untuk memungkinkan para pengguna untuk melihat data apa yang dikumpulkan dan memberi mereka opsi dan kemampuan untuk menghapus semua itu. Opsi ini akan berada di bawah judul menu “Akses Informasi Anda.” Dari sini pengguna akan dapat mengelola dan menghapus posting, reaksi, komentar, dan riwayat pencarian. Ini akan menjadi seperti one-stop shop atau toserba untuk menghilangkan apa pun dari timeline maupun profil Anda. (HNP)