Dubes Sovyet Bantah Kegiatan Mata-Mata Di Jateng

Dubes Sovyet Bantah Kegiatan Mata-Mata Di Jateng

Jakarta, 20 Maret 1971 – Duta Besar Sovyet di Indonesia Volkov dalam pertemuannya dengan Menlu Adam Malik hari Jum’at menyampaikan penyesalannya atas pemberitaan sementara surat kabar sekitar adanya sementara anggota keduataan asing melakukan kegiatan mata-mata di Jawa Tengah.

Dukung 4 pasal India mengenai Laos
Indonesia telah menyatakan dukungannya atas 4 pasal usul India dalam Komisi Pengawas Internasional (ICC) yang diajukan baru-baru ini yang menghendaki agar negara besar menghormati wilyah dan kemerdekaan Laos. Keempat usul itu berisi, dikukuhkannya kembali netralitas Laos, dihormatinya perjanjian Jenewa, diakhirinya permusuhan dan diadakannya perundingan Pathet Lao dengan Vientianne melalui ICC, Indie adalah anggota ICC disamping Polandia dan Kanada.

Sparepart AURI
Mengenai sparepart untuk pesawat AURI, Adam Malik menjelaskan, pemerintah Sovyet sudah menawarkan penjualan sparepart tersebut tetapi pemerintah Indonesia belum memberikan konfirmasi.

Menurut Adam Malik keterangan ini sekaligus membantah anggapan bahwa Sovyet tidak bersedia menjual sparepart tersebut. Ia menambahkan dapat tidaknya sparepart itu dibeli adalah soal lain.

Menteri Adam Malik hari Jum’at juga telah menerima kunjungan Duta Besar Irak Abdul Rahman Mohamed Al-Qadhi dan Duta Besar RPA Ali Shawki Abdel Salam El-Hadadi.
Kedua Duta Besar itu datang untuk memperkenalkan diri untuk menjabat pos mereka yang baru di Jakarta menggantikan rekan mereka yang telah habis masa tugasnya di Indonesia. (SH)