Diserahkan Kepada RI Sepenuhnya

Pelaksanaan Act Of Free Choice Irbar

Diserahkan Kepada RI Sepenuhnya

Jakarta, 17 Maret 1969 – Pemerintah Indonesia akan melaksanakan act of free choice sesuai dengan persetujuan New York agreement dan sesuai dengan apa yang telah disetujui oleh pemerintah Belanda.

Menteri Luar Negeri Adam Malik dalam menjawab pertanyaan pers Senin siang selesai menerima kunjungan kehormatan Ketua Veteran Belanda Willem Charles Jean Maril van Lanschot MWO, menyatakan bahwa pelaksanaan penentuan pendapat rakyat Irian Barat sesuai dengan persetujuan New York dan persetujuan pemerintah Belanda diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia.

Oleh Menlu ditegaskan bahwa sesuai dengan janji pemerintah Belanda sendiri dalam persetujuan New York, tidak ada kewajiban pemerintah Belanda untuk campur tangan di dalam pelaksanaan penentuan pendapat rakyat Irian Barat yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia itu. Menurut Menlu Adam Malik, yang penting ialah adanya bantuan selanjutnya dari pemerintah Belanda bagi pembangunan dan untuk memajukan Irian Barat nanti.

Untuk pembangunan di Irian Barat diperlukan bantuan dari PBB terutama dari pemerintah Belanda. Budget untuk Irian Barat perkapita adalah sebesar Rp. 800.000. (Antara)