3 Jenderal AKRI Tersangkut G30S-PKI

3 Jenderal AKRI Tersangkut G30S-PKI

Jakarta, 10 Maret 1969 – Panglima Angkatan Kepolisian Komjen Polisi Drs. Hoegeng menandaskan bahwa dalam rangka pembersihan dalam tubuh AKRI terhadap sisa G30S/PKI dan antek-anteknya, maka telah berhasil ditahan sejumlah besar oknum AKRI, diantaranya terdapat 3 Jenderal masing-masing Brigjen Pol. Sutarto (Ketua RPI), Brigjen Pol. Suwardo, Brigjen Pol. Soemarsono serta 4 orang Kombespal masing-masing KBP Sjam Maruh, KBP Anwar, KBP Drajat dan KBP Sumirat yang kini perkaranya berada ditangan Teperpu dan Teperda.

Oknum AKRI lainnya yang terlibat dan segera diajukan ke pengadilan antara lain orang bintara di Komdak XV/Bali, 16 bintara/tamtama Komdak X/Jatim, 14 tamtama/tamtama di Komdak IX/Jateng. Sedang yangmasih dalam proses pemeriksaan terbanyak di Komdak IX/Jateng dan X/Jatim yang seluruhnya berjumlah 163 orang, Komdak VIII/Jabar 29 orang, Komdak II/Sumut 49 orang dan Komdak III/Sumbar 23 orang.

Pula yang terkena tindakan administratif karena tersangkut G30S/PKI, sejumlah 103 oknum AKRI di Komdak IX/Jateng, 53 oknum AKRI Komdak X/Jatim, 2 oknum AKRI Komdak VIII/Jabar. Sementara itu sejumlah tahanan oknum AKRI yang setelah dilakukan pemeriksaan secara teliti dan sudah di-clearkan kini telah dilepaskan dari tahanan.

Pangak dalam keterangan kepada para wartawan sesaat setelah selesai penutupan Raker Deandak dan Pangdak seluruh Indonesia di Aula Mabak, Sabtu siang lebih lanjut menegaskan bahwa terutama dalam menghadapi tahun pelaksanaan pembangunan lima tahun ini dan untuk mensukseskannya, maka pembersihan dalam tubuh AKRI terhadap sisa G30S/PKI dan antek-anteknya akan terus dilaksanakan. (SH)