Peraturan Pelaksanaan Pola Hidup Sederhana Selambat-Lambatnya 1 April

Peraturan Pelaksanaan Pola Hidup Sederhana Selambat-Lambatnya 1 April

Jakarta, 8 Februari 1974 – Menteri/Sekretaris Negara Sudharmono mengatakan selambat-lambatnya 1 April akan sudah keluar peraturan pelaksanaan dari anjuran Presiden Soeharto baru-baru ini tentang pola hidup sederhana.
Hal itu dikatakannya menjawab pertanyaan Kamis siang selesai menemui Presiden Soeharto di jalan Cendana.

Sudharmono katakan peraturan itu nantinya ada yang berbentuk Peraturan Pemerintah, ada berupa Intruksi Presiden, Keputusan Presiden sesuai dengan sistem hukum yang ada. Yang jelas, kata Sudharmono sejak 1 April akan sudah berlaku.
Dikatakan, sanksi minimal yang dikenakan terhadap mereka yang melanggar adalah tindakan administratif, ditegur, dinilai konduitenya dan lain-lain.

Kepada Presiden ia telah melaporkan persiapan untuk sidang pertama dari Dewan Stabilisasi Politik dan Keamanan hari Selasa minggu depan. Ia katakan sidang Dewan ini akan memutuskan kebijaksanaan dalam bidang politik dan keamanan.

Pembelian beras luar negeri masih ada
Kamis siang juga Ketua Bapenas bersama Kepala Bulog telah menemui Presiden Soeharto di tempat yang sama. Menurut Sudharmono pertemuan itu telah membahas persiapan pelaksanaan pembelian beras dalam negeri sesuai Instruksi Presiden 5 Februari yang bulan lalu.

Atas pertanyaan Sudharmono mengatakan pembelian beras dari luar negeri masih akan tetap ada, tapi ia tidak dapat memberikan berapa jumlahnya. (SH)